Cadillac Bikin Mobil Masa Depan Canggih, tapi Kok Seperti Pemanggang Roti?

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 16 Jan 2021 20:56 WIB
transportasi masa depan cadillac
Transportasi masa depan ala Cadillac Foto: Pool (Autoblog)
Jakarta -

Selain memperkenalkan mobil terbang, General Motors bersama Cadillac juga memamerkan kendaraan masa depan rancangan mereka pada ajang Consumer Electronic Show. Kendaraan ini mirip seperti kapsul masa depan, tapi bentuknya yang kotak mengingatkan kita pada toaster alias pemanggang roti..

Mobil konsep terbaru yang masuk jajaran Cadillac diberi nama PAV (personal autonomous vehicle). Kendaraan ini punya fungsi seperti limosin, menjadi alat angkut dengan kapasitas cukup besar yang memungkinkan penggunanya bisa berinteraksi dengan intens bersama teman atau keluarga dalam perjalanan ke sebuah event.

Bedanya dengan limosin, tentu saja PAV ini tidak memiliki sopir. PAV adalah sebuah kendaraan otonom berbasis tenaga listrik.

Bicara fitur, PAV punya sederet komponen canggih. Salah satu yang paling advance adalah pembaca kondisi tubuh. Kendaraan ini secara otomatis akan melakukan pemindaian pada tubuh penumpang. Dengan sensor biometrik yang dimiliki, PAV akan membaca tanda-tanda vital penumpang

Sensor dalam PAV juga bisa menyesuaikan suhu dalam kendaraan, kelembaban, aromaterapi, sampai pencahayaan. Semua bisa digunakan hanya dengan perintah suara atau isyarat tangan.

Bicara body, PAV punya bentuk kotak yang kaku. Situs Car And Driver malah menyebutnya mirip toaster, alias pemanggang roti. Namun begitu, lekuk-lekuk minimalis dan aksen-aksen kecil yang diberikan pada body luar tetap memunculkan kesan futuristis yang kuat.

Menariknya lagi, tidak ada kaca pada sisi PAV. Sebagai pengganti, bagian atap justru dibuat transparan sehingga penumpang bisa menikmati pemandangan langit

.

transportasi masa depan cadillactransportasi masa depan cadillac Foto: Pool (Autoblog)


Simak Video "Klasik dan Karismatik, Inilah Mobil Dinas Terakhir Bung Karno"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)