Mobil Buatan Cikarang-Tambun Dominasi Penjualan Suzuki

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 14 Jan 2021 08:11 WIB
Suzuki New Carry Pick Up
Suzuki Carry jadi tulang punggung penjualan Suzuki selama pandemi. Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales
Jakarta -

Penjualan mobil di tengah pandemi COVID-19 pada 2020 lalu memang mengalami penurunan. Pasar kendaraan roda empat nasional turun sekitar 50% pada 2020 dibanding tahun sebelumnya. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengklaim bisa bertahan pada periode Januari-Desember 2020.

Penjualan wholesales (distribusi dari pabrik ke dealer) mobil Suzuki pada Januari-Desember 2020 berada di angka 65,9% dari periode yang sama tahun 2019. Sementara retail sales atau penjualan dari dealer ke konsumen Suzuki 70,4% dari penjualan tahun 2019.

Penjualan mobil Suzuki di Indonesia didominasi oleh mobil buatan dalam negeri. Mobil yang diproduksi di pabrik Cikarang dan Tambun berkontribusi lebih dari 90% terhadap total penjualan nasional Suzuki selama 2020.

"Tahun 2020 adalah tahun yang berat untuk industri otomotif. Namun kami berhasil melewatinya dengan cukup baik berkat program-program yang fokus pada penjualan produk lokal serta melakukan adaptasi operasional dealer selama saat pandemi dengan Suzuki Hygiene Commitment. Kontribusi produk lokal Suzuki tahun 2020 sebesar 91,1% untuk wholesales dan 90,6% untuk retail sales. Fokus pada pengembangan dan pemasaran produk lokal ini juga bertujuan untuk mendukung pemulihan industri otomotif dalam negeri," terang Donny Saputra, 4W Marketing Director PT SIS dalam keterangan resminya.

Tulang punggung penjualan Suzuki selama pandemi adalah Suzuki Carry dan XL7. Sepanjang 2020, wholesales New Carry Pick Up berkontribusi sebesar 57,6% sementara retail sales-nya berkontribusi 57,9% terhadap penjualan nasional Suzuki.

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, wholesales Suzuki Carry pada Januari hingga November 2020 mencapai 33.407 unit. Hal itu mengantarkan Suzuki Carry menjadi mobil terlaris kedua periode Januari-November 2020 setelah Honda Brio.

Suzuki mengenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga. Penasaran? Yuk, lihat.Suzuki mengenalkan varian low SUV baru, XL7. Model ini merupakan hasil pengembangan dari model low MPV, Ertiga. Penasaran? Yuk, lihat. Foto: Luthfi Anshori

Sementara itu, Suzuki juga mengandalkan XL7 yang menjadi kontributor terbesar dengan raihan 14,9% untuk wholesales dan 11,8% untuk retail sales. XL7 menjadi salah satu tulang punggung penjualan Suzuki beriringan dengan All New Ertiga yang berkontribusi 11,4% pada wholesales dan 13,3% pada retail sales.

"Terima kasih atas kepercayaan masyarakat terhadap produk-produk Suzuki, terutama produk buatan dalam negeri. Dukungan dan kepercayaan masyarakat di tahun 2020 serta semangat keberadaan Suzuki yang telah mencapai 50 tahun di Indonesia semakin memotivasi kami untuk terus berkontribusi pada pemulihan industri otomotif Tanah Air. Tidak hanya itu, kami juga terus memastikan seluruh operasional Suzuki di Indonesia termasuk diler serta produk yang diterima konsumen sesuai dengan protokol kesehatan dan telah melalui proses desinfektan untuk memastikan kenyamanan dan keamanan pelanggan," tutup Donny.

Selain New Carry Pick Up, XL7, dan Ertiga, mobil Suzuki lainnya yaitu APV dan Karimun Wagon R juga merupakan produk buatan lokal yang berkontribusi pada penjualan Suzuki baik di dalam negeri maupun pasar ekspor.



Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)