2020 Tahun yang Sulit, Suzuki Bersyukur Punya Kendaraan Niaga

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 12 Jan 2021 16:54 WIB
Suzuki New Carry Pick Up
Suzuki New Carry Foto: dok. Suzuki Indomobil Sales
Jakarta -

Pandemi COVID-19 membuat pincang seluruh industri, terlebih otomotif. Meski demikian PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku agen pemegang merek Suzuki mobil di Indonesia bersyukur memiliki kendaraan niaga. Karena kendaraan yang selalu kerap membantu mobilitas dalam pembangunan dan perekonomian ini terus menjadi pahlawan Suzuki di Indonesia.

Seperti yang disampaikan Head of Fleet PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Sukma Dewi dalam virtual Suzuki bersama detikOto. Dia mengatakan Kendaraan niaga menjadi model paling laris Suzuki mobil di Indonesia.

"Memang kami di Suzuki mobil untuk kendaraan niaganya berkontribusi hingga 58 persen dan kalau kita melihat di tahun 2020 kemarin, meski dalam kondisi pandemi ternyata untuk bisnis itu harus tetap berjalan," kata Sukma Dewi.

Sukma Dewi menjelaskan, meski berkontribusi paling besar di penjualan Suzuki mobil, namun kendaraaan niaga juga tak luput dari penurunan penjualan dibandingkan tahun sebelumnya.

"Kami melihatnya diseluruh segmen kendaraan memang di komersil itu turunnya lebih kecil dibandingkan MPV dan LCGC. Di kendaraan komersil pada segmen pick up medium, pick up penurunan paling kecil. Dan kami terus terang, menjadi berkah di 2020 bagi Suzuki, di saat marketnya turun hampir 50 persen kita sendiri hanya di 30 persen. Kami mencatat ada kenaikan total share secara nasional mencapai 12,5 persen," ujar Sukma.

Pada 2021 Sukma Dewi melanjutkan Suzuki Indonesia mobil akan tetap fokus pada seluruh segmen termasuk segmen komersial.

"Pada 2021 untuk kendaraan komersil tetap menjadi fokus untuk bisa mendukung perekonomian masyarakat Indonesia, kita akan support dengan kendaraan niaga kecil dan kita fokus di kendaraan penumpang seperti Suzuki XL7 dan Ertiga yang menjadi backbone Suzuki," Sukma menambahkan.

Dari data penjualan mobil sepanjang 2020 yang dirilis Gaikindo, Suzuki Carry menduduki posisi dua sebagai mobil paling laris. Dengan total penjualan sebanyak 33.407 unit, Suzuki Carry berada di posisi dua, kalah dari Honda Brio (RS Satya) yang terjual 36.512 unit.

[Gambas:Instagram]





Simak Video "Suzuki Gagal Triple Crown, Ducati Juara Konstruktor MotoGP 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)