Mobil Baru yang Bakal Meluncur di RI Tahun Ini, Raize-Rocky Hingga City Hacthback

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 05 Jan 2021 11:10 WIB
Honda City Hatchback Resmi Meluncur di Thailand
Mobil-mobil yang akan meluncur di Indonesia tahun ini, salah satunya Honda City Hatchback. Foto: Dok. Honda

5. Mitsubishi Pajerio Sport

Mitsubishi sudah meluncurkan Pajero Sport terbaru di Thailand sejak 2019 lalu. Namun sampai sekarang, Mitsubishi Pajero Sport terbaru ini belum meluncur di Indonesia. Hal itu berbeda dengan Toyota yang meluncurkan Fortuner terbaru di Thailand tahun lalu dan diikuti Indonesia tak lama kemudian.

Mengingat Pajero Sport terbaru sudah meluncur di Thailand sejak 2019, tak menutup kemungkinan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) meluncurkan Pajero Sport terbaru tahun 2021 ini. Apalagi, President Director PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Naoya Nakamura, menjamin pihaknya akan membawa Pajero Sport baru ke Indonesia.

"Kami akan terus menginformasikan kepada rekan-rekan media apabila peluncuran Pajero Sport baru sudah dekat waktunya," katanya pada Oktober 2020 lalu.

Mitsubishi Pajero Sport baru di ThailandMitsubishi Pajero Sport baru di Thailand Foto: Mitsubishi Motors Corporation

Pajero Sport facelift ini mengadopsi desain eksterior anyar yang membuatnya tampil lebih kekar. Konsep tampilan Dynamic Shield terus dikembangkan Mitsubishi agar pengemudi di dalam tetap memiliki visibilitas yang baik dan luas.

Tarikan garis grille di bagian depan langsung menyatu dengan lampu utama. Lapisan krom yang menyelimuti rumah lampu kabut membuat tampilan jadi terlihat lebih elegan.

Mitsubishi juga mempercantik tampilan interior Pajero Sport. Begitu masuk ke dalam, pengemudi bakal disajikan layar LCD ukuran 8 inci dan Smartphone-Link Display Audio berukuran 8 inchi. Tampilan baru juga terlihat di bagian handle pintu juga bagian lantai karpet mobil.

Pajero Sport juga memiliki AC Power Outlet pada USB plug di konsol belakang sehingga memudahkan bagi para penumpang. Di balik kap mobil, Mitsubishi masih mempertahankan mesin MIVEC turbo berkapasitas 2.4 L yang dikawinkan dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Ada beberapa fitur kemanan yang ditambah agar pengendara dan penumpang di dalamnya lebih nyaman.

Pajero Sport kini telah dibekali sistem penggerak Super-Select 4WD-II yang bisa memberikan traksi optimal saat melibas medan apapun. Fitur-fitur baru lain yang melekat di dalam Pajero Sport baru meliputi Lane Change Assist (LCA) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA).

6. Isuzu MU-X

Kemudian yang kemungkinan besar akan meluncur di Indonesia juga adalah Isuzu MU-X. SUV penantang Fortuner dan Pajero Sport dari Isuzu ini sudah meluncur lebih dulu di Thailand. Isuzu Thailand baru meluncurkan generasi ketiga Isuzu MU-X.

Dari segi eksterior, Isuzu MU-X punya tampang yang beda dengan D-Max. Lampu utama Isuzu MU-X juga terlihat ramping cenderung tajam. Dari segi muka, sudah lain cerita, Isuzu MU-X kini tak lagi D-Max yang menggunakan atap penuh.

Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020)Isuzu MU-X generasi ketiga meluncur di Thailand, Rabu (28/10/2020) Foto: Isuzu

Selain itu, grille depan juga lebih kecil. Pada bagian buntut, lampu belakang lebih ramping daripada model sebelumnya, dan ada tulisan "Isuzu" di antara keduanya.

Tampilan kaca samping Isuzu MU-X juga berubah. Isuzu MU-X tidak lagi dilengkapi dengan pilar C yang berukuran besar. Pilar D mengusung warna bodi utama, berbeda dengan Isuzu MU-X model sebelumnya.

Pada bagian interior mirip dengan Isuzu D-Max, head unit (7 atau 9 inch) standar Isuzu MU-X kini sudah siap untuk dihubungkan ke Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar, dan AC dual zone pun sudah modern dengan tampilan digital.

SUV ini juga dilengkapi fitur keselamatan yang lengkap seperti six airbags, electronic stability control, ABS, EBD, brake assist, hill start assist, hill descent control and traction control. Untuk varian tertinggi sudah dibekali blind spot monitor, rear cross-traffic alert, forward collision warning, autonomous emergency braking, lane departure warning, speed limiter, automatic high beam, multi-collision brake, parking assist dan pedal misapplication system.

Isuzu MU-X menggendong mesin empat silinder turbodiesel. Ada dua pilihan mesin, yang pertama mesin RZ4E-TC 1.9 liter bertenaga 150 PS dan torsi maksimal 350 NM, sertai mesin 4JJ3-TCX 3.0 liter dengan 190 PS dan 450 Nm. Mesin-mesin itu ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual enam percepatan dan otomatis enam percepatan. Ada juga pilihan penggerak roda dua dan penggerak empat roda.

Di Thailand, Isuzu MU-X akan ditawarkan dalam enam varian. Harganya mulai dari 1,109 juta baht atau sekitar 523 juta hingga 1,579 juta baht Rp 744,9 jutaan.

Halaman

(rgr/din)