Mobil Misterius Mirip Daihatsu Rocky Kedapatan Tes Jalan di Indonesia

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 19 Okt 2020 15:55 WIB
Spyshot Daihatsu Rocky di Indonesia
Spyshot Daihatsu Rocky di Indonesia. (Screnshot instagram @indra_fathan)
Jakarta -

Sosok mobil mirip Daihatsu Rocky tertangkap kamera sedang melakukan tes jalan di Indonesia. Dalam potongan gambar yang viral di media sosial, sosok mobil mirip Rocky tersebut berkamuflase menggunakan kelir putih. Apakah Rocky akan diluncurkan di Tanah Air dalam waktu dekat?

Spyshot Daihatsu Rocky tersebut diunggah di media sosial instagram milik automotive enthusiast @indra_fathan. Diduga lokasi pengambilan gambar itu di wilayah Tanjung Priok yang dekat dengan kantor pusat dan pabrik PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Bukti lain yang memperkuat jika Daihatsu Rocky itu sedang dites di Indonesia bisa dilihat dari papan plat nomornya yang menggunakan warna dasar putih, dikombinasi huruf dan angka warna merah.

Daihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc TurboDaihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc Turbo Foto: Dok. Daihatsu

Jika diperhatikan, mobil tersebut sangat mirip dengan SUV kompak, Daihatsu Rocky yang dirilis di Jepang akhir 2019 silam. Dari foto spyshot ini, bagian yang kelihatan meliputi handle pintu, pilar A, spion, desain pelek, dan antena shark fin.

Sebagai informasi, Daihatsu Rocky merupakan salah satu model Favorit di Indonesia di tahun 90-an. Kelahiran generasi barunya pun memberikan kesan sendiri pada pasar Indonesia.

Mobil yang kini berbagi platform dengan Toyota Raize itu saat ini hanya menjadi konsumsi pasar Jepang. Daihatsu Rocky dijual dengan harga terjangkau 1.705.000 yen (Rp 219 jutaan) sampai 2.422.200 yen (Rp 312 jutaan). Mobil ini pun mendapat sambutan positif dari pasar, termasuk konsumen di Indonesia.

Meski animo konsumennya besar, ADM selaku APM Daihatsu di Indonesia, belum dapat memberikan kepastian masuknya model tersebut.

"Sampai saat ini belum bisa memberitahukan nanti pada waktunya pasti akan diinformasikan," ungkap Direktur Marketing Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra dalam sesi konferensi pers virtual, Juni lalu.

Daihatsu Rocky dibangun berdasarkan DNGA (Daihatsu New Global Architecture). Mobil ini dibekali fitur keamanan seperti Smart Assist System, yang membuatnya meraih rating tertinggi bintang 5.

Dengan capaian Rocky, Daihatsu telah mendapat rating bintang 5 sebagai mobil teraman untuk kedua kalinya, yang sebelumnya mobil kompak Daihatsu Boon telah meraih rating serupa pada 2016 lalu.

Daihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc TurboDaihatsu Rocky, SUV Kecil Bermesin 1.000 cc Turbo Foto: Dok. Daihatsu

Daihatsu Rocky kali pertama diperkenalkan sebagai mobil compact SUV yang telah diluncurkan di Jepang pada November 2019 di Tokyo Motor Show 2019.. Daihatsu Rocky dijual dengan pilihan mesin 1.000 cc turbo. Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT.

Berdasarkan data spesifikasi, Daihatsu Rocky memiliki dimensi panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm dan tinggi 1.620 mm. Wheelbase-nya sepanjang 2.525 mm. Mobil ini memiliki bobot 980 kg. Mesin 1.000 cc, 3 silinder, berpendingin air, dengan turbo intercooler memiliki tenaga hingga 98 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 140 Nm pada 2.400-4.000 rpm.

Daihatsu Rocky diproduksi di pabrik Daihatsu Industrial Co., Ltd. Shiga (Ryuo) Factory. Mobil ini ditargetkan terjual sebanyak 2.000 unit per bulan.



Simak Video "Daihatsu Rocky Muncul Lagi, Mejeng di Tokyo Motor Show 2019"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)