SUV Mewah Hyundai Palisade Meluncur Hari Ini, Berapa Harganya di Indonesia?

Ridwan Arifin - detikOto
Rabu, 16 Des 2020 11:44 WIB
Hyundai Palisade
Hyundai Palisade Foto: DREW PHILLIPS/Hyundai
Jakarta -

Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengumumkan mobil baru dalam pameran yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (16/12/2020). Mobil baru itu diduga adalah SUV mewah Hyundai Palisade.

Hal itu diketahui melalui akun instagram resmi @hyundaimotorindonesia yang memperlihatkan siluet mobil dengan lampu utama besar dan berada di bawah LED positioning light.

"Bersiaplah untuk Bertemu SUV Hyundai yang Luar Biasa," tulis keterangan foto tersebut seperti dilihat detikcom, Rabu (16/12/2020).

[Gambas:Instagram]



Pembukaan selubung akan dilakukan pada 16 Desember 2020 15.00 WIB di acara virtual www.hyundaimotorshow.com.

Diduga kuat dari buritan mobil yang bakal meluncur itu ialah Hyundai Palisade. Mobil SUV Flagship dari Korea Selatan ini melakukan debut dalam ajang Los Angeles Auto Show 2018 silam.

Mobil dengan konfigurasi tiga baris ini punya pilihan dua mesin yakni Gasoline V6 3.8 liter yang sanggup memuntahkan tenaga 295 PS di 6.000 rpm dan torsi 36.2 di 5.200 rpm.

Namun besar kemungkinan seperti yang terdaftar dalam laman Nilai Jual Kendaraan Bermotor, Hyundai Palisade yang ditawarkan di Tanah Air adalah mesin turbo diesel berjenis CRDi VGT berkapasitas 2.2 liter. Di atas kertas, mesin itu mampu memuntahkan tenaga 202 PS pada 3.800 rpm dan torsi puncak 441 Nm pada rentang 1.750 rpm hingga 2.750 rpm.

NJKB Hyundai PalisadeNJKB Hyundai Palisade Foto: dok. Istimewa

Berapa harga yang ditawarkan di Indonesia?

Di Australia Hyundai Palisade dibanderol mulai dari $ 65 ribu hingga AU$ 84.375 (sekitar Rp 694 jutaan hingga 845 jutaan). Dalam info NJKB Pemprov DKI Jakarta, Hyundai Palisade terdaftar atas PALISADE22LX2CRDI2WA dengan nilai nilai jual Rp 528 juta.

Angka itu belum ditambah dengan instrumen biaya mobil baru seperti Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Bea Balik Nama (BBN), Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM), biaya penerbitan surat, dan Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ). Bila dihitung-hitung harganya hampir menembus angka hampir Rp 900 juta, namun harga itu juga belum termasuk biaya keuntungan dealer hingga impor kendaraan.

Beberapa waktu yang lalu Managing Director PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) Makmur menyebut mobil bergenre Multi Purpose Vehicle (MPV) dan Sport Utility Vehicle (SUV) jadi model yang bakal sering dihadirkan di Indonesia.

"Indonesia ini juga fokusnya akan ke produk-produk yang MPV dan SUV, nah memang kita juga banyak menyiapkan produk-produk dari sisi yang hi-tech, dan juga siap yang MPV dan SUV," tutur Makmur.



Simak Video "Rush-Terios Mesti Waspada, Hyundai Pastikan Creta Dijual-Diproduksi di RI"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)