Rabu, 18 Nov 2020 08:17 WIB

Toyota Luncurkan Mobil Listrik Pintu Geser, Begini Wujudnya

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Listrik Toyota Proace Verso Electric Mobil listrik Toyota. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Toyota resmi meluncurkan mobil listrik murni di Eropa. Mobil listrik bernama Toyota Proace Verso Electric itu diperkenalkan sebelum dijual massal di Eropa pada Februari 2021.

Mobil listrik ini memiliki konfigurasi pintu geser dan akan bergabung dengan van komersial dari Toyota. Toyota Proace Verso Electric ditawarkan dengan berbagai konfigurasi. Ada yang versi compact dengan panjang 4.609 mm dan volume muatan 280 liter, medium (4.959 mm) dengan muatan 640 liter, dan panjang (5.309 mm) dengan muatan 1.000 liter.

Mobil Listrik Toyota Proace Verso ElectricMobil Listrik Toyota Proace Verso Electric Foto: Dok. Toyota

Sementara itu, empat kelas juga akan ditawarkan, termasuk versi Combi dan Shuttle yang praktis, serta pilihan Keluarga dan VIP yang lebih canggih, dengan kapasitas hingga sembilan kursi.

Mobil ini menggunakan tenaga listrik murni. Paket baterai lithium-ion disimpan di bawah lantai. Ada dua opsi pilihan baterai, yakni baterai 50 kWh dengan daya jangkau 230 km bermuatan penuh, dan opsi baterai 75 kWh dengan daya jangkau 330 km.

Baterai itu akan menggerakkan motor listrik di poros depan yang bertenaga 136 PS (134 hp) dan torsi 260 Nm. Kecepatan tertinggi mencapai 130 km/jam.

Sebagai standar, semua versi MPV dilengkapi dengan pengisi daya AC (alternate current) 7,4 kW, yang dapat ditingkatkan ke unit 11 kW untuk pengisian lebih cepat, sebagai opsi. Toyota Proace Verso Electric menggunakan koneksi charger Tipe 2 untuk pengisian daya AC.

Mobil Listrik Toyota Proace Verso ElectricMobil Listrik Toyota Proace Verso Electric Foto: Dok. Toyota

Selain itu, mobil listrik ini juga bisa diisi ulang menggunakan pengisian daya DC (direct current) sehingga pengisian baterai lebih cepat. Dengan koneksi CCS dan saat dicolokkan ke stasiun pengisian daya 100 kW, baterai 50 kWh membutuhkan waktu sekitar setengah jam untuk diisi ulang, sedangkan baterai 75 kWh memerlukan 45 menit.

Mobil listrik Toyota Proace Verso Electric juga dilengkapi dengan kontrol E-toggle untuk memilih persneling antara Drive, Reverse, Neutral, Park, dan Regenerative Braking. Ada juga pilihan mode berkendara Eco dan Normal.

Masuk ke kabin, Toyota Proace Verso Electric dibekali kursi dengan fungsi pemanas, sistem infotainment layar sentuh tujuh inci, radio digital DAB, dukungan Android Auto dan Apple CarPlay, keyless entry, rem parkir elektronik, dan kaca lipat otomatis sebagai standar. Untuk fitur navigasi satelit dan AC otomatis menjadi paket opsional.

Rangkaian sistem Toyota Safety Sense juga hadir di mobil listrik ini. Itu termasuk Pre-Collision System (PCS) dengan deteksi pejalan kaki, Cruise Control, Lane Departure Alert (LDA), Automatic High Beam (AHB) dan Road Sign Assist (RSA). Ada pula sensor parkir depan dan belakang, kamera belakang 180 derajat, dan pada model kelas yang lebih tinggi terdapat fitur Blind Spot Monitor.



Simak Video "Keren! Itenas Bandung Ciptakan Mobil Militer Tenaga Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com