'Mobil Taksi' Toyota Vios Dapat Fitur Keselamatan Canggih, Harga Rp 250 Jutaan

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 17 Nov 2020 12:14 WIB
Toyota Vios facelift versi Malaysia
Toyota Vios facelift versi Malaysia. Foto: Dok. Toyota
Jakarta -

Generasi terbaru Toyota Vios kini mendapatkan fitur keselamatan canggih. Sedan entry level yang di Indonesia kerap dijadikan armada mobil taksi tersebut sekarang dibekali fitur Toyota Safety Sense (TSS).

Toyota Malaysia resmi menjual model terbaru Vios. Model ini mendapatkan fitur keselamatan dan keamanan yang lebih lengkap seperti yang diaplikasikan pada mobil-mobil menengah atas Toyota.

Fitur keselamatan itu adalah Toyota Safety Sense (TSS). Paket teknologi ini terdiri dari beberapa fitur keselamatan lain, seperti Pre-Collision System (PCS) dan Lane Departure Alert (LDA).

Toyota Vios facelift versi MalaysiaToyota Vios facelift versi Malaysia Foto: Dok. Toyota


Sebagai informasi, PCS otomatis aktif di kecepatan 15 km/jam. Fungsinya untuk mengurangi risiko tabrakan dengan kendaraan di depan. Sementara LDA berfungsi untuk memandu pengemudi supaya tetap berkendara di jalurnya. Jika sensor mendeteksi mobil keluar jalur, maka akan ada peringatan berupa suara 'beep'.

Selain dua fitur keselamatan tersebut, paket keselamatan TSS juga meliputi Vehicle Stability Control (VSC), Traction Control (TRC), Hill-start Assist Control (HAC), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dan perekam video digital (DVR) di depan dan belakang.

Toyota Vios juga menjadi satu-satunya mobil di segmennya yang dilengkapi tujuh SRS airbags. Sedan itu juga dilengkapi kamera 360-derajat 3 dimensi, yang sangat membantu proses parkir.

Toyota Vios facelift versi MalaysiaToyota Vios facelift versi Malaysia Foto: Dok. Toyota

Dari segi tampilan, Vios terbaru makin tampan dengan desain fascia mirip Corolla, Camry, dan hatchback Yaris. Lampu utamanya menggunakan LED, dikombinasi DRL (Day Running Light). Lampu utama itu juga hadir dengan fitur follow-me-home, yang ditawarkan pada varian J, E dan G.

Sementara untuk aspek infotainment, Toyota Vios facelift juga dibekali panel layar sentuh 7 inci, dengan fitur konektivitas Android Auto & Apple CarPlay.

Lanjut ke sektor jantung pacu, Toyota Vios menggendong mesin 2NR-FE, Dual VVT-i, 1.500 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 106 daya kuda dan torsi maksimal 140 Nm.

Di Malaysia, Toyota Vios hadir dengan dua pilihan warna baru, yaitu orange metalik dan putih mutiara. Harga Toyota Vios mulai RM75.000 atau setara Rp 256,7 juta.

Toyota Vios facelift versi MalaysiaToyota Vios facelift versi Malaysia Foto: Dok. Toyota


Simak Video "#ToyotaDigitalLaunch Total Mobility Solution"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)