Kamis, 12 Nov 2020 15:15 WIB

Hagglund, Kendaraan Taktis Mirip Tank untuk Evakuasi Warga Merapi

Jauh Hari Wawan S - detikOto
Ini Haglund, Kendaraan Taktikal yang Diterjunkan untuk Evakuasi Warga Merapi Haglund, Kendaraan Taktikal untuk Evakuasi Warga Merapi. Foto: Jauh Hari Wawan S/detikOto.
Sleman -

Status Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) meningkat dari waspada menjadi siaga (level III). Berbagai persiapan pun dilakukan termasuk menyiapkan kendaraan taktis untuk proses evakuasi.

Beberapa hari yang lalu Palang Merah Indonesia (PMI) Pusat menyerahkan bantuan tiga kendaraan operasional kepada PMI Kabupaten Sleman melalui Pemerintah Kabupaten Sleman. Salah satunya yaitu kendaraan Hagglund diserahkan oleh PMI yang bersifat pinjam pakai. Saat ini kendaraan itu terparkir di Posko Siaga PMI Kabupaten Sleman yang berada di Kapanewon Pakem.

"Ini sudah sampai di sini bantuan dari PMI pusat ada dua tangki air bersih dan satu Hagglund yang digunakan untuk evakuasi," kata Komandan Satgas Darurat Bencana Merapi PMI Sleman Tri Joko Spatono saat ditemui di posko, Kamis (12/11/2020).

Ia menjelaskan kendaraan taktis mirip tank dari Swedia ini digunakan untuk proses evakuasi warga sekitar Gunung Merapi. Selain itu, kendaraan ini memiliki keunggulan dibanding kendaraan lain.

"Hagglund ini digunakan untuk evakuasi, kendaraan ini bisa melewati segala medan dan relatif tahan panas," ungkapnya.

Ini Haglund, Kendaraan Taktikal yang Diterjunkan untuk Evakuasi Warga MerapiIni Haglund, Kendaraan Taktikal yang Diterjunkan untuk Evakuasi Warga Merapi Foto: Jauh Hari Wawan S/detikOto

Tri menjelaskan saat Merapi erupsi pada 2010, Hagglund juga digunakan untuk proses evakuasi. Hanya saja Hagglund yang saat ini terparkir merupakan unit yang berbeda dari yang digunakan saat 2010. Ia juga mengatakan tak sembarang orang bisa mengoperasikan kendaraan ini.

"Waktu 2010 juga pakai Hagglund untuk evakuasi. Hanya unitnya yang dulu dipakai sekarang baru diperbaiki, ini merupakan unit baru," paparnya.

"Kemudian yang bisa mengoperasionalkan adalah orang yang punya sertifikat, tidak sembarang orang bisa," tegasnya.

Untuk diketahui kendaraan yang dipinjamkan oleh PMI pusat berjenis Hagglund BV206 (atau Bandvagn 206). Kendaraan yang mampu melibas segala medan ini diproduksi oleh Hagglunds (perusahaan produsen Alutsista global dari Swedia) pada 1980. Kendaraan taktis ini awalnya diperuntukkan militer Swedia.

Bentuk kendaraan ini mirip mobil salju. Rodanya menggunakan rantai seperti tank dengan bahan karet khusus. Kemudian, Hagglund mampu "berenang" di air dengan kecepatan 4,7 km per jam.

Ini Haglund, Kendaraan Taktikal yang Diterjunkan untuk Evakuasi Warga MerapiIni Haglund, Kendaraan Taktikal yang Diterjunkan untuk Evakuasi Warga Merapi Foto: Jauh Hari Wawan S/detikOto

Hagglund terdiri dari dua bagian yang secara total mampu menampung 17 orang sekali jalan. Enam penumpang di kompartemen depan dan 11 orang di trailer belakang.

Dari segi dimensi, mobil ini mempunyai panjang 6,9 meter yang termasuk dengan trailernya. Lebar mobil ini mencapai 1,87 meter, dan tinggi 2,4 meter. Sementara bobot keseluruhan mencapai 4,5 ton dan mampu mengangkut beban hingga 630 kg serta 1.610 kg pada bagian trailernya.

Hagglund membekali kendaraan ini dengan mesin Ford Cologne V6 berkapasitas 2,8 liter terintegrasi dengan sistem transmisi otomatis 4-percepatan milik Mercedes-Benz W 4A-018. Hagglund mampu mendobrak tenaga sebesar 132 hp.



Simak Video "BPPTKG Sebut Ada Potensi Erupsi Gunung Merapi di Kali Gendol"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com