Mobil Baru

Toyota Corolla Cross: Spesifikasi Lengkap, Keunggulan, dan Harga

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 06 Agu 2020 13:31 WIB
Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 Juta
Toyota Corolla Cross, ini spesifikasi lengkap, harga dan keunggulannya. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor
Jakarta -

Toyota Corolla Cross resmi meluncur di Indonesia. Corolla Cross diluncurkan secara virtual melalui kanal YouTube ToyotaIndonesia.

Toyota Corolla yang sebelumnya hadir dengan bentuk sedan, hatchback, hingga station wagon kini disulap menjadi SUV dengan hadirnya Corolla Cross. Menurut Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, Corolla Cross diluncurkan di Indonesia karena menjawab permintaan konsumen yang mengharapkan mobil yang nyaman dengan tampilan gahar ala SUV.

Apa saja sih keunggulan, spesifikasi dan harga Toyota Corolla Cross yang baru diluncurkan ini? Simak ulasannya tentang keunggulan, harga dan spesifikasi lengkap Corolla Cross di bawah ini.

1. Desain Corolla Cross yang Macho

Toyota Corolla Cross memiliki tampilan yang cukup macho. Corolla Cross menampilkan kesan elegan, dinamis, dan powerful yang juga menjadi trademark Toyota Corolla.

"Konsepnya simpel tapi stylish. Kelihatan dari grille-nya yang gahar, kemudian garis bodinya," kata Anton.

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaEksterior Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Postur tubuh Corolla Cross yang tinggi dan gagah mencitrakan diri sebagai Urban SUV. Desain bodi yang tebal, kokoh, dan aerodinamis seakan menjadi gambaran atas status sosial pemiliknya yang mapan dan memiliki taste yang tinggi atas tren lifestyle yang bergerak dinamis.

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaEksterior Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

"Lampunya, dengan LED di depan dan belakang. Bagian samping juga ada alloy wheel 18 inci dengan two-tone color," sebut Anton.

SUV perkotaan dengan kapasitas 5-penumpang ini memiliki panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm.

2. Interior Corolla Cross yang Berkelas

Interior Corolla Cross juga tak kalah keren. Tak cuma itu, interior Corolla Cross juga menyajikan kenyamanan bagi penghuninya.

"Jarak kaki, head clearance (jarak kepala penumpang ke plafon atas) juga luas. Di belakang pun nyaman," ucap Anton.

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaInterior Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

Dengan dimensi panjang 4.460 mm, lebar 1.825 mm, dan tinggi 1.620 mm, Corolla Cross memberikan ruang yang memadai antara bangku baris pertama dan kedua, termasuk ruang bahu penumpang yang lega dan nyaman. Wheelbase sejauh 2.640 mm tidak hanya membuat area kabin semakin lapang, tapi juga memastikan mobil terasa nyaman di jalan. Volume bagasi juga disebut luas dengan ketinggian lantai yang pas untuk mempermudah meletakkan barang.

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaBagasi Toyota Corolla Cross. Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

"Selain back door (pintu bagasi belakang) sudah pakai elektrik, ini bisa pakai kaki untuk bukanya. Jadi kalau bawa barang banyak, cukup kakinya (mengayun) di bagian bawah. Ini luas banget. Sekarang lagi hobi sepeda kan, bisa menyimpan sepeda," kata Anton.

Corolla Cross memberikan head clearance sejauh 105 mm di kursi bagian depan dan 87 mm di jok belakang. Selain itu, pintu belakang lega sehingga memudahkan akses keluar dan masuk penumpang serta jendela lebar yang memberikan keleluasaan untuk melihat pemandangan keluar.

Interior elegan bernuansa hitam dipadukan dengan kehadiran steering switch, AC digital dual zone, panel instrumen disandingkan dengan MID 4,2 inchi, head unit 9 inchi IPS display dilengkapi sarana radio, Bluetooth, NFC, Miracast, dan voice command, moonroof, dan rain sensor di balik kaca depan untuk mengaktifkan wiper secara otomatis.

"Audio sudah pakai 9 inci, bahkan khusus untuk Indonesia, ada fitur e-money. jadi untuk ngecek e-money berapa, ada di sini," ujar Anton.

Sementara penumpang di baris kedua tetap bisa merasakan kenyamanan dengan kisi AC yang berada di belakang konsol tengah. Di luar, tersedia smart entry untuk buka-tutup pintu mobil tanpa perlu menyentuh kunci dan auto fold mirror.

3. Spesifikasi lengkap Corolla Cross

Toyota Corolla Cross dikembangkan dengan platform terbaru Toyota yang disebut Toyota New Global Architecture C-segment (TNGA-C). Platform itu diklaim membuat perjalanan nyaman dan tetap enak dikendarai,

Platform TNGA hadir dengan pengembangan pada body rigidity yang tinggi dan sistem suspensi yang didesain khusus untuk memberikan peredaman yang empuk dan nyaman. Mobil ini memiliki ground clearance setinggi 165 mm. Visibilitas keluar yang tinggi membuat pengemudi All New Corolla Cross mempunyai kemudahan dan keyakinan tinggi dalam memantau kondisi sekitar mobil. Serta radius putar 5,2 meter yang memastikan pengemudi dapat melakukan manuver di ruang terbatas, seperti balik arah atau parkir dengan mudah dan cekatan.

Toyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 JutaToyota Corolla Cross Resmi Meluncur, Harga Mulai Rp 457,8 Juta Foto: Dok. Toyota-Astra Motor

"Mobil ini yang menarik, terutama bagi yang senang nyetir, platform-nya sudah pakai platform baru yang kita sebut TNGA. Kelebihannya apa, kalau kita lagi lurus, kita mau belok, mau u-turn, bahkan high speed dll, ini benar-benar nyaman," ujar Anton.

Untuk spesifikasi mesinnya, Corolla Cross 1.8 versi Gasoline menggendong mesin bensin 1.8L berkode 2ZR-FE. Mesin itu mampu memuntahkan tenaga hingga 140 PS/6.400 rpm dan torsi maksimal 171,6 Nm/4.000 rpm.

Sedangkan Corolla Cross versi hybrid menggendong mesin dengan kode 2ZR-FXE berkapasitas 1.798 cc 4-silinder DOHC berteknologi VVT-i yang sanggup menghasilkan power maksimal sebesar 98 PS dan torsi 142,1 Nm. Mesin itu dikolaborasikan dengan motor listrik yang mampu menghasilkan power maksimum sebesar 72 PS dan torsi sebesar 162,7 Nm.

Power unit Corolla Cross Hybrid lebih efisien dan rendah emisi CO2. Konsumsi bahan bakar Corolla Cross Hybrid lebih irit, namun tetap dapat menghadirkan performa dan kesenangan berkendara bagi penggunanya.

"Polusinya bisa ditekan dengan moil (Corolla Cross Hybrid) ini, 60% lebih rendah emisi dibandingkan dengan mobil biasa. Iritnya luar biasa, 50% lebih irit dibandingkan dengan mobil yang biasa," klaim Anton.

4. Fitur Keamanan Corolla Cross

Toyota Corolla Cross tetap mendapatkan fitur-fitur keselamatan yang canggih. All New Corolla Cross dilengkapi dengan paket fitur keamanan pasif dan aktif terbaru. Di dalamnya ada rem ABS+EBD, 3 point seatbelt with pretensioner and force limiter, 7-airbags, Hill Start Assist (HSA), Vehicle Stability Control (VSC), Emergency Brake Signal (EBS), sensor parkir di depan dan belakang, kamera parkir di belakang, serta ditambah immobilizer dan alarm.

Khusus All New Corolla Cross Hybrid mendapat tambahan fitur kenyamanan dengan adanya pengaturan posisi duduk 6 arah secara elektrik dan power back door dilengkapi kick sensor yang memberi kemudahan untuk mengakses pintu bagasi.

5. Harga Corolla Cross

Toyota Corolla Cross, menurut Anton, khususnya yang sudah mengusung teknologi hybrid tetap ditawarkan dengan harga kompetitif. Untuk Corolla Cross Hybrid bahkan menjadi mobil hybrid yang paling murah untuk jajaran mobil hybrid Toyota. Sebelumnya, Toyota punya mobil hybrid Camry HEV, Alphard HEV, Corolla Altis HEV, C-HR HEV, dan Prius PHEV.

"Mobil dengan teknologi hybrid, sebagai hybrid termurah di line up Toyota dan juga di Indonesia. Tipe tertinggi harganya di bawah Rp 500 juta. Kira-kira Rp 497 juta OTR DKI Jakarta. Tipe gasoline Rp 457 juta untuk Jakarta. Harganya kita buat yang terjangkau," ujar Anton.

Berikut harga Toyota Corolla Cross di Indonesia:

- Toyota Corolla Cross 1.8 A/T Rp 457.800.000
- Toyota Corolla Cross 1.8 Hybrid A/T Rp 497.800.000.
**Harga berlaku on the road Jakarta.



Simak Video "Teaser - Serunya Road Trip Jakarta-Bali Bersama Corolla Cross Hybrid"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)