Toyota Corolla Apex Dibuat Terbatas, Transmisi Manual Cuma 120 Unit

Ridwan Arifin - detikOto
Senin, 20 Jul 2020 15:41 WIB
Toyota Corolla Apex
Toyota Corolla Apex Foto: Toyota
Jakarta -

Toyota Corolla Cross baru meluncur di Thailand, tapi Corolla varian lain juga diperkenalkan di pasar Amerika Serikat, yakni sedan Corolla Apex.

Dalam keterangan resmi, Toyota Corolla dengan paket sport-kit Apex ini akan dibuat terbatas sebanyak 6.000 unit, sedangkan transmisi manual hanya 120 unit.

Lalu apa perbedaan Toyota Corolla Apex ini?

Toyota Corolla Apex tetap menggunakan mesin 2.0 liter 4-silinder yang mampu memuntahkan tenaga 169 horsepower di 6.000 rpm. Mobil ini tersedia dalam dua pilihan transmisi, yakni CVT dan Manual (hanya 120 unit). Oiya, edisi spesial ini juga mendapat knalpot yang didesain khusus yang berukuran 3.5 inch dari bahan stainless steel.

Perbedaan yang paling terlihat adalah pada bagian penampilan, khususnya bagian muka. Toyota Corolla Apex punya tampang lebih agresif lampu lebih tajam dan grill kelir hitam dengan motif sarang lebah.

Toyota Corolla ApexToyota Corolla Apex Foto: Toyota

Tampilan dipermanis dengan penggunaan aksen emas pada cover DRL yang membentuk sudut kotak.

Oke, perubahan juga terjadi di sektor kaki-kaki, dengan tujuan untuk mengurangi bodyroll. Suspensi Toyota Corolla Apex meningkatkan kekakuan roll sebesar 47 persen di depan dan 33 persen di belakang.

Pegas koil baru juga diturunkan sebesar 0,6 inci. Mobil lebih ceper dari versi lainnya, sertah menambah kesan sporty. Tapi klaim Toyota, perubahan ini juga memudahkan mobil saat melahap tikungan.

Toyota Corolla ApexToyota Corolla Apex Foto: Toyota

Dilihat dari samping, Toyota Corolla Apex juga punya sideksirt yang lebih sporty. Penampilan juga didukung berkat penggunaan pelek palang 8 berukuran 18 inch yang dibalut ban Dunlop SP berukuran 225/40.

Sebagai pelengkap untuk membedakan mobil ini dengan model lain, Corolla edisi spesial ini juga dilengkapi logo Apex pada buritan belakang.

Mobil ini dibekali teknologi keamanan canggih, Toyota Safety Sense di antaranya:

- Pre-Collision System with Daytime/Low-- Light Vehicle and Pedestrian Detection, plus Daytime Bicycle Detection
- Full-Speed Range Dynamic Radar Cruise Control (CVT only)
- Lane Departure Alert with Steering Assist and Road Edge Detection
- Automatic High Beams
- Lane Tracing Assist
- Road Sign Assist

Toyota belum mengungkap harga Toyota Corolla edisi sport Apex yang bakal dilepas ke pasar di musim 2021 ini. Namun mengutip laman Carandriver, Toyota Corolla Apex diperkirakan dijual mulai dari US$ 23.230 sekitar Rp 344 jutaan.



Simak Video "Toyota Corolla Cross, SUV Hybrid di Bawah Rp 500 Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)