Rabu, 10 Jun 2020 17:36 WIB

Physical Distancing: Apa Iya, Kursus Setir Mobil Instrukturnya Duduk di Belakang?

M Luthfi Andika - detikOto
Sekolah Mengemudi Ilustrasi Jaga Jarak Aman saat belajar mengemudi Foto: Luthfi Anshori/detikOto
Jakarta -

Mendengar kata New Normal pasti dibenak kita semua berbagai penerapan baru dilakukan untuk bisa menekan penyebaran virus Corona. Kira-kira bakal berlaku untuk mobil sekolah mengemudi tidak ya? Apa bisa instruktur berada di baris kedua?

Seperti yang diketahui bersama, pada masa New Normal dan masa transisi seperti sekarang, pengendara mobil tidak diizinkan untuk membawa penumpang pada bagian depan. Serta memposisikan baris pertama atau depan hanya menyisahkan sopir saja.

Rupanya untuk menerapkan hal tersebut tidaklah mudah bahkan tidak mungkin dilakukan, seperti yang disampaikan Direktur Operasional Sekolah mengemudi Ar-Rahman, Rizki Hardiansyah kepada detikOto, Rabu (10/6/2020).

"Itu sempat terpikir ke arah situ (untuk memodifikasi mobil sekolah mengemudi agar instruktur berada di belakang sebagai penumpang). Kita sudah terpikir sejak awal-awal PSBB, waktu itu karena tidak boleh ada penumpang di bagian samping sopir. Kita sudah pikirkan tersebut tapi itu tidak mungkin, karena tidak aman soalnya pada bagian instruktur ada pedal rem agar tidak terjadi sesuatu di jalan," kata Rizki.

Sekolah MengemudiSekolah Mengemudi Foto: Luthfi Anshori/detikOto

Rizki menjelaskan selain tidak aman, ada beberapa hal yang tidak memungkinkan untuk menerapkan modifikasi seperti itu pada mobil sekolah mengemudi.

"Pertama, sudah pasti akan ada pengeluaran lagi sedangkan pemasukan tidak ada, karena nanti yang kita takutkan minat untuk sekolah mengemudi belum full 100 persen. Kedua, saat ini orang-orang masih lebih mendahulukan kebutuhan pokok dibandingkan belajar mengendarai kendaraan. Ketiga modifikasi ini tidak aman," ucap Rizki.

"Karena terkadang kita (instruktur sekolah mengemudi) berada di depan (duduk di kursi penumpang bagian depan) kerap colongan. Seperti saat instruktur sudah percaya sama siswa, kita masih sering ditabrak dari belakang, apalagi saat instruktur berada di belakang makin sulit antisipasi nanti," tutup Rizki.



Simak Video "Awal PSBB di Masa Transisi, Tol Cawang Arah Grogol Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com