Rabu, 18 Mar 2020 20:20 WIB

Bakal Pakai Mobil Listrik, Petugas Kepolisian Bakal Dilatih Dulu

Ridwan Arifin - detikOto
n di Indonesia

Jakarta - Prestige Motorcars kembali memperkenalkan line up kendaraan ramah lingkungannya. Kali mobil yang dibawa oleh importir umum tersebut adalah Tesla Model 3. Model 3 adalah varian paling terjangkau dari lini Tesla yang ada saat ini. Tesla Model 3 Foto: Luthfi Anshori
Jakarta -

Jangan kaget jika menemukan mobil patroli kepolisian yang sudah bertenaga listrik. Sebab Korps Lalu Lintas Kepolisian Indonesia (Korlantas) mengkonfirmasi bakal menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas untuk patroli.

Kepala Sub Direktorat Wal Patroli Jalan Raya (PJR) Korlantas Polri Komisaris Besar Bambang Sentot Widodo mengatakan sudah memesan 10 unit mobil listrik sebagai kendaraan operasional Patroli Jalan Raya.

"Jadi nanti diuji coba dulu ya, rutenya Bogor-Jakarta," kata Bambang saat dihubungi detikoto, melalui telepon, Rabu (18/3/2020).

Namun sebelum uji coba, petugas PJR akan terlebih dahulu diberikan pelatihan. Setelah itu, pihaknya baru akan melakukan uji coba.

"Mobil ini punya teknologi yang baru, jadi kami akan berikan pelatihan dulu ke petugas," ujar jelas dia.

Salah satu model yang bakal digunakan sudah muncul di jejaring sosial. Tesla Model 3 termurah terlihat sudah diangkut menggunakan towing dengan kelir khas biru dan putih milik Patroli Jalan Raya.

[Gambas:Instagram]

Memang mobil listrik yang punya banderol miliaran itu dibekali beberapa fitur canggih, salah satunya adalah Autopilot. Bambang sendiri belum mengungkapkan varian apa yang bakal digunakan kepolisian.

Tesla Model 3 di Indonesia dijual dengan tiga varian, yaitu Standard Range Plus, Long Range, dan Performance.

Varian Standard Range Plus memiliki penggerak roda belakang dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 5,3 detik dengan kecepatan maksimum 225 km per jam.

Sementara Long Range punya penggerak semua roda (all wheel drive) dengan akselerasi 0-100 km per jam dalam 4,4 detik dan punya kecepatan maksimum 233 km per jam. Sedangkan untuk tipe Performance dengan penggerak semua roda, punya akselerasi 0-100 km per jam dalam 3,2 detik dengan kecepatan maksimum 261 km per jam.

Saat disinggung kapan mobil ramah lingkungan itu bakal beroperasi, Bambang belum dapat memastikan.

"Mudah-mudahan secepatnya akan beroperasi, nanti kami informasikan," kata dia.

Mobil listrik Tesla di Indonesia diimpor oleh salah satu importir mobil mewah yang berbasis di Pluit, Jakarta Utara, Prestige Image Motorcars. Saat ini detikcom tengah meminta konfirmasi Presiden Direktur Prestige Image Motorcars, Rudy Salim.



Simak Video "Tol Cileunyi Lancar, Lonjakan Kendaraan Diprediksi Terjadi Malam Nanti"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com