Senin, 10 Feb 2020 07:39 WIB

Hotman Paris Banjir-banjiran Pakai Mobil, Aman?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Hujan yang mengguyur kawasan Jakarta Utara menyebabkan banjir di Jalan Boulevard Barat, Kelapa Gading. Jalan ini memang kerap dilanda banjir saat hujan deras mengguyur. Ilustrasi banjir di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Beberapa wilayah Jakarta kembali dilanda banjir akhir pekan kemarin. Salah satu kawasan yang terendam banjir adalah Kelapa Gading, Jakarta Utara.

Hotman Paris yang tinggal di Kelapa Gading, Jakarta Utara, turut kebanjiran. Namun, di tengah jalanan yang terendam banjir, Hotman tetap menuju kedai Kopi Johny menggunakan SUV Mitsubishi Pajero Sport.

"Hotman menuju Kopi Johny, banjir-banjir rakyat sudah banyak yang menunggu. Tuh lihat banjir, ini dia di Kelapa Gading, selamat datang di Kelapa Gading. Dengan mobil Pajero aman-aman saja," ucap Hotman di video instagramnya Sabtu kemarin.

Amankah menerobos banjir meski menggunakan SUV besar Mitsubishi Pajero Sport? detikcom menanyakan hal itu kepada Boediarto, Head of Technical Service & CS Support Departement PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI).

"Itu didukung oleh teknik mengemudi dan posisi air intake (lubang asupan udara pada mobil) yang tinggi," kata Boediarto di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (8/2/2020).

Menurut Boediarto, air intake atau lubang asupan udara Pajero Sport yang digunakan Hotman Paris berada di balik kap dan posisinya cukup tinggi. Air intake itu 'ngumpet' di balik kap.

"Kalau kap tertutup walaupun disiram air yang menerjang grille atau kap mesin, air itu nggak langsung kesedot. Posisi air intake di atas raditor kira-kira," ujar Boediarto.

Boediarto menyebut, tak ada batas aman untuk menerjang banjir. Menurutnya, saat banjir memang sebaiknya hindari berkendara.

"Secara umum di luar Pajero biasanya menurut pabrikan itu paling aman setengah ban. Sebenarnya nggak disaranin menerjang banjir. Cuma kebetulan mobil itu mampu. MMC (Mitsubishi Motors Corporation Jepang) juga nggak pernah declare sih berapa centimeter (ketinggian air yang aman dilewati mobil)," ujarnya.

[Gambas:Instagram]



Simak Video "Gugatan Korban Banjir ke Anies Diterima Majelis Hakim"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com