Selasa, 14 Jan 2020 16:19 WIB

Nissan dan Renault Diterpa Isu Cerai

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Renault
Jakarta - Sejak penangkapan mantan bosnya, Carlos Ghosn, Nissan banyak diterpa isu tak sedap. Kali ini, isu terbaru menyebutkan bahwa hubungan Nissan dengan pabrikan Prancis, Renault, renggang.

Kabar itu diembuskan oleh The Financial Times. Laporan media tersebut menyebutkan bahwa penangkapan Ghosn dapat menyebabkan perceraian Renault dan Nissan yang saat ini menjalin aliansi.




Mengutip orang yang dekat dengan masalah ini, The Financial Times menulis para eksekutif di dalam pabrikan Jepang itu telah meningkatkan perencanaan darurat untuk kemungkinan perceraian dengan Renault.

Menurut informasinya, diskusi meliputi pemisahan engineering dan manufaktur. Ditambah perubahan besar pada dewan direksi Nissan.



Menurut dua orang sumber, meski upaya telah dilakukan untuk meningkatkan hubungan Renault dan Nissan, kemitraan keduanya dikabarkan renggang. Disebutkan, banyak eksekutif senior Nissan percaya bahwa Renault menjadi hambatan bagi perusahaan mereka.

Belum jelas seberapa besar kemungkinan perpecahan akan terjadi. Sebab, Renault adalah pemegang saham terbesar Nissan dan mereka telah mendorong perbaikan kemitraan keduanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com