Kamis, 29 Agu 2019 10:23 WIB

Mobil Ini Nggak Cocok Buat Menteri, Cuma Muat 2 Orang!

Dina Rayanti - detikOto
Toyota Supra. Foto: Luthfi Anshori Toyota Supra. Foto: Luthfi Anshori
Jakarta - Mobil sport sekelas Toyota Supra bukanlah model yang tepat untuk digunakan para menteri sebagai kendaraan dinas. Mobil memang dihadirkan untuk para pencinta adrenalin bukan sebagai kendaraan dinas para menteri di bawah kepemimpinan Joko Widodo-Ma'ruf Amin periode 2019-2024.

"Kriterianya beda, karena Supra itu kan 2 seater," kata Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy di MAJ Golf Senayan, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Toyota SupraToyota Supra Foto: Rifkianto Nugroho



Memilih mobil untuk menteri tak bisa sembarangan. Pemilihannya harus mengacu pada Keputusan Menteri Keuangan No. 577/KM.6/2017 tentang Modul Perencanaan Kebutuhan Barang Milik Negara untuk Penyesuaian Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara Berupa Alat Angkutan Darat Bermotor Dinas Operasional Jabatan di Dalam Negeri.

Berdasarkan keputusan tersebut, pemerintah akhirnya memilih Toyota Crown 2.5 HV G-Executive sebagai mobil dinas menteri para pembantu presiden Jokowi pada masa kepemimpinan 2019-2024. Mobil tersebut dianggap cocok karena memenuhi kriteria yang diberikan oleh pemerintah kepada perusahaan penyuplai kendaraan dinas menteri.

Toyota CrownToyota Crown Foto: Toyota


"Pemerintah yang memilih tipe apa yang cocok dan lain-lain yang sesuai dengan kriteria instansi pemerintah sendiri," tegasnya.


Sayangnya Toyota tak berniat untuk menjual mobil itu kepada masyarakat umum. Mobil memang khusus dipesan dan diperuntukkan bagi para menteri baru nantinya.

"September akan masuk semua (termasuk Toyota Crown untuk menteri). Perkiraan yang saya dengar dari diler kita bulan Oktober ya, jadi setelah pelantikan saya juga belum tahu persisnya," tutup Anton.

Simak Video "Toyota Supra Terbaru Akhirnya Resmi Mengaspal"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com