Jumat, 23 Agu 2019 14:54 WIB

Intip Kecanggihan Mobil Antipeluru Mercy untuk Jokowi

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard dan Mercedes-Benz S-Guard Foto: Daimler Mercedes-Benz S 600 Pullman Guard dan Mercedes-Benz S-Guard Foto: Daimler
Jakarta - Istana akhirnya memilih mobil Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai armada baru untuk mobil kepresidenan. Istana sudah memilih 2 unit S 600 Guard untuk dipakai kendaraan VVIP Kepresidenan. Sebenarnya seperti apa spek mobil ini?

Karena ini merupakan mobil antipeluru untuk orang nomor satu di negara Indonesia, Mercedes-Benz enggan berkomentar lebih lanjut. Yang pasti S 600 Guard memiliki fitur yang lebih canggih dari S-Class standar.



Mobil S 600 Guard bisa melindungi penumpangnya yang duduk di jok belakang dari serangan senjata mesin M60.

Konsol tengah yang dipenuhi berbagai tombolKonsol tengah yang dipenuhi berbagai tombol termasuk untuk mengatur baterai darurat Foto: Daimler

Kaca mobil S 600 Guard lebih tebal beberapa kali dibanding kaca standar. Kaca ini sangat berat sehingga butuh perangkat hidrolik untuk membuka dan menutup kaca. Mobil memiliki sistem udara khusus yang bisa menyediakan oksigen sendiri saat di sekeliling mobil ada gas yang berbahaya.

Interior mobil S 600 Guard dengan lampu ambientInterior mobil S 600 Guard dengan lampu ambient Foto: Daimler


Bagian bawah mobil diberi tambahan pelat khusus yang membuat mobil tahan dari alat peledak yang ditempatkan di bawah mobil. Jika jalanan aman dari penjahat yang ingin mencelakai presiden, sopir bisa ngebut berkat mesin V12 berdaya 530 daya kuda yang dipasang di mobil. Mesin ini sanggup membawa mobil melaju sampai kecepatan maksimum 210 km per jam.



Ada pemadam kebakaran yang disimpan di bagasi mobilAda pemadam kebakaran yang disimpan di bagasi mobil Foto: Daimler


Bannya juga sudah menggunakan teknologi antikempes (Run Flat Tyre) dari Michelin. Meski tekanan bannya 0, mobil masih bisa melaju sejauh sekitar 30 km.ss versions.

Beberapa fitur tambahan yang dipasang pada S 600 Guard adalah fitur bantuan pengemudi seperti DISTRONIC PLUS with Stop&Go Pilot, BAS PLUS Brake, Active Blind Spot Assist dan Active Lane Keeping Assist, PRE-SAFE Brake yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan rem parkir elektronik. Ada juga fitur Night View Assist Plus yang membuat pengendara mobil bisa melihat obyek lain dalam suasana gelap di luar mobil.

Simak Video "Visi Indonesia Minus Hukum Dan HAM"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com