Rabu, 19 Jun 2019 16:29 WIB

Angkat Telepon Pakai Headset saat Nyetir Itu Bahaya!

Dina Rayanti - detikOto
Foto: iStock Foto: iStock
Jakarta - Menggunakan ponsel seperti mengangkat telepon ketika berkendara memang dilarang demi keselamatan. Alasannya, pengemudi bisa kehilangan konsentrasi karena harus fokus mengangkat telepon dan menatap jalanan ke depan. Cara alternatif yang bisa dilakukan adalah menggunakan headset. Dengan begitu, tangan bisa tetap berada di setir namun telepon tetap terangkat.

Rupanya menggunakan headset untuk mengangkat telepon saat menyetir pun sama saja bahayanya saat tangan menempelkan ponsel di telinga.


"Menggunakan headset atau fitur lainnya berupa perintah suara di mobil yang bisa membantu pengendara mengangkat telepon semakin marak. Memang tangan bisa tetap di setir serta mata dan fokus tetap ke jalan," ujar salah satu ilmuwan dalam Transport Research Laboratory Shaun Helman dikutip The Sun, Rabu (19/6/2019).

"Tapi saat mengangkat telepon sembari menyetir, fokus Anda hanya ke depan jalan tak menyadari keadaan di sekitar kendaraan,"sebutnya.

Shaun juga mengutip dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2002, menggunakan headset saat mengangkat telepon sembari menyetir sama efeknya ketika berkendara di bawah pengaruh alkohol.


Shaun juga menyebut menggunakan ponsel ketika berkendara bisa mengurangi keahlian pengemudi. Aturan menggunakan ponsel ketika berkendara memang dilarang oleh beberapa negara. Termasuk di Indonesia. Meski begitu, aturan hanya sekadar aturan. Masih banyak pengendara yang mengabaikan keselamatannya sendiri hanya untuk sekadar mengecek ponsel. (dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com