Selasa, 23 Apr 2019 16:25 WIB

Negara Tetangga Sudah Uji Coba Mobil Otonom Lho!

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Otonom Malaysia Foto: Pool (Paultan) Mobil Otonom Malaysia Foto: Pool (Paultan)
Jakarta - Di saat Indonesia tengah berdiskusi mobil kendaraan listrik, ternyata Malaysia selangkah di depan dengan mulai menjajal mobil otonom alias dikendarai tanpa sopir berteknologi 5G.

Seperti dicuplik dari Paultan.org, Selasa (23/04/2019) disebutkan bahwa mobil otonom tersebut adalah Proton Exora. Teknologi tersebut merupakan teknologi yang disiapkan oleh perusahaan Celcom. Disebutkan bahwa Perdana Menteri Tun Dr Mahathir Mohamad ditemani Menteri Komunikasi dan Multimedia Gobind Singh Dio berada di dalam mobil otonom tersebut.



Mobil otonom Proton Exora ini sudah dilengkapi berbagai perangkat kendaraan otonom, seperti kamera di berbagai sisi, radar, dan sensor LIDAR untuk mendeteksi lingkungan di sekitar. Disebutkan bahwa teknologi ini terhubung dengan sistem dari eMooVit Technology - Startup yang fokus kepada teknologi otonom yang berbasis di Singapura.

Sistem ini mampu mengemudikan otonom hingga ke tingkat 4, sejatinya kendaraan pada dasarnya dapat berjalan tanpa sopir. Namun karena kendaraan ini masih prototipe atau demo, sehingga pengemudi masih diperlukan di balik belakang kemudi, setir dan pedal masih menempel, digunakan ketika dalam keadaan darurat.

Mobil otonom MalaysiaMobil otonom Malaysia Foto: Pool (Paultan)


Tak hanya itu, mobil ini terhubung ke server yang bertugas untuk melakukan pemetaan. Sistem ini akan mengirimkan informasi baru yang bermanfaat bagi kendaraan lain, seperti penghalang atau bahaya di jalan. Komunikasi Cellular Vehicle-to-Everything (C-V2X) ini tergantung pada data seluler, kecepatan 5G menjadi salah satu teknologi yang relevan untuk ditawarkan.



Jika mobil ada masalah yang melibatkan jaringan atau server, mobil hanya akan mengandalkan sistem server, kembali ke mode on board, atau pengemudi dapat mengambil alih. Pun sudah disematkan tombol darurat, yang bisa digunakan ketika mobil mengalami masalah, sehingga pengemudi bisa mengambil kontrol penuh. (riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed