Minggu, 31 Mar 2019 16:02 WIB

Di Negara Ini Ngecas Mobil Listrik Bisa Tanpa Kabel

Ridwan Arifin - detikOto
Ilustrasi wireless charging. Foto: Hyundai Ilustrasi wireless charging. Foto: Hyundai
Oslo - Tidak hanya handphone yang bisa dicas tanpa kabel alias wireless charging, kini mobil listrik pun bisa mengadopsi teknologi canggih tersebut. Norwegia yang diketahui memiliki populasi taksi bertenaga listrik terbanyak di dunia bakal menjadi negara pertama yang menerapkannya.

Taksi bertenaga listrik memang menjadi fokus pemerintah Norwegia. Negara tersebut tercatat telah membeli 43.143 kendaraan listrik di tahun 2018.

Dilansir dari electrek, stasiun pengisian tanpa nirkabel ini diharapkan dapat mempercepat pengisian baterai kendaraan. Ibu kota Norwegia, Oslo akan menjadi yang pertama memasang infrastruktur pengisian nirkabel untuk taksi listrik kota.



Bekerja sama dengan Perusahaan Energi Finlandia, Fortum, nantinya akan menggunakan sistem induksi dengan kecepatan hingga 75 kWh, dengan sejumlah plat pengisian daya yang dipasang di jalan.

Stasiun dengan lempengan pengisian baterai akan ditempatkan di area di mana taksi biasa berhenti untuk menunggu penumpang. Sementara di bagian taksi akan dipasang alat yang akan menerima asupan daya listrik tersebut.

"Proyek ini akan menjadi infrastruktur pengisian cepat nirkabel pertama untuk taksi listrik di mana pun di dunia, dan juga akan membantu pengembangan lebih lanjut teknologi pengisian nirkabel untuk semua driver EV." ungkap pernyataan Fortum yang dikutip dari Electrek.



Untuk diketahui melalui roadmapnya, Norwegia sendiri menargetkan armada taksi di Oslo akan sepenuhnya bebas emisi pada tahun 2023.

"Bersama-sama dengan industri taksi, kami akan memastikan bahwa pergantian ini semudah mungkin," kata Portvik.

"Oslo akan selalu menjadi yang terdepan dalam inovasi dan kami senang untuk bergabung dengan dua pemain industri paling progresif dalam langkah yang mengubah permainan ini untuk meluncurkan rencana paling ambisius di dunia untuk pengisian nirkabel armada taksi," tambah Portvik.

Memang kesadaran masyarakat akan pentingnya kendaraan listrik di Norwegia kian meningkat. Penjualan mobil listrik tumbuh 40 persen di Norwegia tahun lalu, dan Tesla Model 3 baru-baru ini memecahkan rekor pengiriman di negara itu. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com