Kamis, 25 Okt 2018 10:56 WIB

Bantu Korban Gempa, Mobil Desa Penjernih Air Dikirim ke Sulteng

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Desa Penjernih Air yang Dikirim untuk Bantu Korban Gempa Lombok dan Palu. Foto: Dok. Sukiyat Mobil Desa Penjernih Air yang Dikirim untuk Bantu Korban Gempa Lombok dan Palu. Foto: Dok. Sukiyat
Jakarta -

[Gambas:Video 20detik]


Belum diproduksi massal, kendaraan pedesaan sudah bisa dirasakan manfaatnya oleh korban gempa di Lombok dan Palu. Kendaraan pedesaan yang digarap PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia dikirim 10 unit ke dua Lombok dan Palu.

Hal itu diungkapkan oleh bos PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia, Sukiat, yang juga penggagas mobil Esemka. Menurutnya, lima unit kendaraan pedesaan dikirim ke Lombok, lima unit lagi ke Palu.

"Itu sudah berjalan. Jadi salah satu (mobil pedesaan yang dikirim ke Lombok dan Palu) untuk menjernihkan air," kata Sukiat kepada detikOto melalui sambungan telepon, Rabu (24/10/2018).



Totalnya ada tiga jenis mobil desa yang dikirim ke wilayah yang terkena dampak bencana tersebut. Satu untuk menjernihkan air, satu berbentuk mobil bak terbuka untuk mengangkut barang dan sebagainya, satu lagi untuk penerangan.

Kata Sukiat, mobil desa yang dikirim itu baru prototipe, bukan model yang diproduksi massal. Mobil desa itu juga sempat dipamerkan di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 Agustus lalu.

Menurutnya, kendaraan pedesaan ini rencananya akan diproduksi massal mulai Januari 2019. Pabrik produksi mobil desa disiapkan di Citeureup dan Klaten.



Sekadar diketahui, AMMDes didesain, dikembangkan, dan diproduksi oleh PT Kiat Mahesa Wintor Indonesia (KMWI) yang merupakan anak perusahaan PT Velasto Indonesia. Perusahaan ini merupakan salah satu unit usaha PT Astra Otoparts Tbk. Melalui KMWI, AMMDes memiliki 2 fungsi, yaitu sebagai alat produksi untuk meningkatkan produktivitas pertanian di pedesaan dan memobilisasi hasil produksi di desa.

Dengan fungsi tersebut, AMMDes memiliki tiga tipe yaitu tipe fix bin dengan power take off (PTO-mengambil tenaga dari sumber lain dan mentransmisikan energi tersebut untuk aplikasi lain), tipe fixed bin dengan ALSINTAN dan tipe flat deck atau passenger dengan PTO. Untuk unit AMMDes yang memiliki fasilitas PTO yang terintegrasi dapat diaplikasikan dengan pemecah gabah, pemutih padi, pompa irigasi, generator dan berbagi peralatan lainnya.

AMMDes memiliki tingkat kandungan komponen lokal mencapai 70%, KMWI melibatkan 71 vendor yang meliputi vendor lokal sebanyak 69 vendor (38 IKM; 15 Astra; 16 non Astra) serta 2 vendor asing untuk menyediakan 189 komponen penyusun AMMDes. (rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com