Jumat, 08 Des 2017 19:07 WIB

Kapan Mobil Pedesaan Akan Dijual di Indonesia?

M Luthfi Andika - detikOto
Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah Foto: Tim Infografis, Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Mobil pedesaan yang didesain dan diproduksi orang Indonesia sudah santer terdengar. Tapi kapan kiranya mobil pedesaan akan benar-benar diperkenalkan dan dijual untuk masyarakat Indonesia?

Presiden Institut Otomotif Indonesia (IOI), I Made Dana Tangkas mengatakan kepada detikOto, untuk bisa memproduksi mobil pedesaan setidaknya membutuhkan waktu hingga 2 tahun sekaligus untuk bisa mempersiapkan jaringan dan ketersediaan komponen mobil pedesaan. Meski demikian Made mengatakan, diperkirakan semester 4 pada 2018 mobil pedesaan sudah bisa dipasarkan.



"Ya kita masih dalam persiapan. Secara penjadwalan kita lagi bahas, setelah prototipenya. Ya mungkin ancang-ancang tahun depan apakah di kuartal ketiga atau keempat," ujar Presiden IOI, I Made Dana Tangkas kepada detikOto.

"Yah kita harapkan bisa lebih cepat, tim sedang bergerak dan kita sudah ada dukungan dari Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) dan Dirjen IKM dari Kemenperin. Bahkan Kemenperin sudah mengumpulkan pihak-pihak terkait perkembangan industri pedesaan," tambah Made.



Tidak sampai disitu, Made mengatakan IOI akan merangkul semua pelaku industri nasional untuk bisa melahirkan mobil atau kendaraan pedesaan.

"Pengembangan kendaraan Indonesia melalui IOI, kita merangkul semua pelaku industri kendaraan Indonesia seperti Wintor, Quick atau PT Karya Hidup Sentosa di Yogyakarta, Fin Komodo dan lainnya. Bersama IOI kita bisa produksi bersama-sama atau melahirkan produk yang lainnya (selain prototipe mobil pedesaan Kiat Mahesa Nusantara-Red)," ujarnya. (lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed