Berita Otomotif Terbaru Dalam Dan Luar Negeri
Jumat 06 April 2018, 11:30 WIB

Cihuy, Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Siap Unjuk Gigi

Ruly Kurniawan - detikOto
Cihuy, Mobil Listrik Buatan Mahasiswa Indonesia Siap Unjuk Gigi Ilustrasi mobil listrik hasil karya mahasiswa Indonesia. Foto: Dina Rayanti
Jakarta - Bukan hanya memamerkan berbagai kendaraan dari para pelaku industri otomotif saja. Tahun ini gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 juga bakal menyajikan mobil listrik karya para mahasiswa Indonesia terpilih. Bahkan para pengunjung diperbolehkan untuk mencicipi kendaraan tersebut.

Hendra Noor Saleh, Direktur Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran IIMS 2018 mengungkapkan bahwa akan ada beberapa hal baru di salah satu pameran otomotif terbesar Indonesia ini. Satu di antaranya ialah tersedianya lahan test drive mobil listrik yang disajikan oleh beberapa agen pemegang merek (APM) dan karya mahasiswa Indonesia.



"Beberapa hal baru akan ada di sini. Mulai dari pembelian tiket yang mengandalkan digitasi, ruang desain baru, serta ada spot untuk test drive mobil listrik," ungkapnya saat membuka Press Conference IIMS 2018 di Jakarta Selatan.

"Kita undang juga beberapa mobil listrik karya mahasiswa Indonesia yang sudah dilombakan ke luar. Mereka pun dapat belajar langsung dari para pelaku industri otomotif di sini," tambah Hendra.

Salah satu perwakilan dari Universitas Islam Indonesia (UII) yang akan membawa mobil listrik, Yanuar Anaba, mengatakan bahwa armadanya sudah siap dipamerkan di IIMS 2018. Bahkan, diuji jalan pun boleh saja.

"Dari 2015 kita selalu didukung untuk membawa produk karya anak bangsa dari teman-teman mahasiswa. Jadi senang sekali bisa tampil di IIMS 2018. Kami (mahasiswa) juga bisa belajar banyak ke para produsen otomotif ternama secara langsung," ujar Yanuar.



Tidak sendirian, mobil serupa dari Universitas Brawijaya, Universitas Gajah Mada, dan Politeknik Negeri Bandung juga akan unjuk gigi. Tapi, bukan berarti di IIMS 2018 mereka semua bersaing. Yanuar menilai mereka akan belajar banyak di sana.

"Ini (salah satu mobil racikannya) adalah mobil konsep dengan menggunakan ban gokart. Kecepatan yang dihasilkan mampu menempuh 100 km/jam. Kita juga disiapkan area outdoor untuk diuji jalannya. Maka, semua bisa melihat bagaimana aksi dari mobil listrik konsep karya anak bangsa," tutup Yanuar. (ruk/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed