ADVERTISEMENT

Jangan Pakai Toilet Bus saat Berhenti, Ini Sebabnya

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 08 Jun 2022 18:18 WIB
Penumpang bus Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, turun 90% imbas pandemi COVID-19. Alhasil, bus-bus AKAP lebih sering ngetem di terminal.
Ilustrasi bus Foto: Andhika Prasetia/Detikcom
Jakarta -

Bus kini sudah dilengkapi oleh toilet untuk memudahkan penumpang saat kebelet. Tapi penggunaannya perlu jadi perhatian, sebab tak semua bus punya septic tank atau penampung kotoran.

Toilet pada bus biasanya digunakan untuk buang air kecil. Penumpang juga disarankan memakai toilet ketika bus sedang berjalan dan disarankan tidak menggunakannya ketika sedang berhenti.

Toilet bus juga disarankan untuk buang air kecil saja. Toilet yang ada di bus tidak sesuai untuk buang air besar. Apalagi kalau yang tidak ada penampung atau septic tank, bisa langsung berceceran di jalan.

PO Putera Mulya dalam sebuah postingan di akun Instagram resminya juga pernah menjelaskan jika toilet di bus hanya boleh digunakan untuk Buang Air Kecil alias kencing. Selain karena alasan tidak ada tangki pembuangan, kapasitas tangki air di bus AKAP sangat terbatas, hanya sekitar 200 liter.

Lebih lanjut, Head of Bus Product & Sales, Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Adri Budiman, menjawab pertanyaan tersebut. Menurut Adri, bus umum sebenarnya tidak memiliki fasilitas penampungan kotoran.

"Secara umum, bus yang ada di Indonesia tidak punya septic tank untuk menampung hasil buang air kecil," kata Adri, kepada detikOto, beberapa waktu yang lalu.

"Maka dari itu, sebagian besar karoseri bus hanya memperbolehkan para penumpang bus untuk menggunakan toilet pada saat bus sedang berjalan guna menghindari air yang tersimpan di toilet serta bau yang bisa memasuki kabin bus dan dapat mengotori jalan raya," sambung Adri.

Diberitakan detikcom sebelumnya, viral di media sosial bus tertahan di SPBU. Ada salah satu penumpang menggunakan toilet bus untuk buang air besar, padahal bus sedang mengisi bahan bakar.

Peristiwa tersebut diunggah melalui akun @ezzamaulana.1. Video berdurasi 16 detik itu sudah ditonton lebih dari 16 juta kali. Dia menginformasikan bus tertahan karena ada penumpang yang buang air besar saat bus mengisi solar di SPBU. Tapi kotorannya keluar dari bus.



Simak Video "Catat! Tugas Polantas Tidak Hanya Sebatas Menilang Lho"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT