ADVERTISEMENT

Viral Bus Ketahan di SPBU Gegara Kotoran Manusia Jatuh

Tim detikcom - detikOto
Rabu, 08 Jun 2022 16:46 WIB
Bus tertahan di SPBU
Bus tertahan karena ada kotoran manusia yang jatuh Foto: TikTok @ezzamaulana.1
Jakarta -

Viral di media sosial bus tertahan di SPBU. Ada salah satu penumpang menggunakan toilet bus untuk buang air besar, padahal bus sedang mengisi bahan bakar.

Peristiwa tersebut diunggah melalui akun @ezzamaulana.1. Video berdurasi 16 detik itu sudah ditonton lebih dari 16 juta kali.

Dalam video terlihat seorang petugas keamanan naik ke dalam bus.

"Nggak bakalan jalan ini busnya," terdengar suara dari dalam video tersebut.

Akun @ezzamualana.1 menyebutkan dalam narasi, bus tertahan karena ada penumpang yang buang air besar saat bus mengisi solar di SPBU. Tapi kotorannya jatuh keluar dari bus.

"Lagi isi solar tiba2 ta* jatoh dari bis pas di SPBU, akhirnya bis ketahan kena denda, dan satu bisa ngak ada yg ngaku itu ta* siapa, baru tau aku ternyata toilet bis langsung jatoh ke bawah," tulis dia seperti dilihat detikcom, Rabu (8/6/2022).

@ezzamaulana.1 Ta* siapa itu anjir mana kuning gitu wk #spbuviral #ngakakparah #fypシ ♬ DJ I m Addicted To - DJ Bambu

Detikcom sudah menghubungi pemilik akun tersebut, namun belum mendapatkan respons.

Lalu kenapa tidak disarankan menggunakan toilet saat bus sedang diam?

Fasilitas toilet dibutuhkan penumpang bus untuk rute-rute perjalanan yang jauh dan bus tidak bisa berhenti setiap saat. Tapi yang jadi pertanyaan, kenapa ya toilet bus tidak bisa digunakan saat bus sedang berhenti? Toilet bus hanya bisa digunakan ketika bus berjalan.

PO Putera Mulya dalam sebuah postingan di akun Instagram resminya juga pernah menjelaskan jika toilet di bus hanya boleh digunakan untuk Buang Air Kecil alias kencing. Selain karena alasan tidak ada tangki pembuangan, kapasitas tangki air di bus AKAP sangat terbatas, hanya sekitar 200 liter.

Lebih lanjut, Head of Bus Product & Sales, Daimler Commercial Vehicles Indonesia, Adri Budiman, menjawab pertanyaan tersebut. Menurut Adri, bus umum sebenarnya tidak memiliki fasilitas penampungan kotoran.

"Secara umum, bus yang ada di Indonesia tidak punya septic tank untuk menampung hasil buang air kecil," kata Adri, kepada detikOto, beberapa waktu yang lalu.

"Maka dari itu, sebagian besar karoseri bus hanya memperbolehkan para penumpang bus untuk menggunakan toilet pada saat bus sedang berjalan guna menghindari air yang tersimpan di toilet serta bau yang bisa memasuki kabin bus dan dapat mengotori jalan raya," sambung Adri



Simak Video "Kecelakaan Gegara Jalan Tol Rusak, Pengendara Bisa Tuntut Ganti Rugi"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT