ADVERTISEMENT

Cerita Bikers Indonesia Touring Lewat Malaysia: Dimanja Jalan Tol Mulus dan Gratis

Luthfi Anshori - detikOto
Minggu, 21 Agu 2022 13:10 WIB
Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022
Bikers Indonesia touring melewati jalanan tol Malaysia yang mulus dan gratis. Foto: Dok. Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT)
Jakarta -

Malaysia menjadi salah satu negara yang membolehkan sepeda motor melewati jalan tol alias jalan bebas hambatan. Rombongan bikers Indonesia yang tergabung dalam Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 pun menceritakan pengalamannya saat melintas jalan tol di Malaysia yang memiliki aspal mulus dan tanpa dipungut tarif tol.

Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 sendiri adalah kegiatan touring lintas 5 negara yang diselenggarakan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI) dan diinisiasi Duta Besar Indonesia untuk Republik Rakyat Demokratik Laos, H. E. Pratito Soeharyo.

Tim Wonderful Indonesia Motorbike Touring 2022 telah menuntaskan perjalanan sejauh nyaris 4.300 km menempuh 5 negara, yaitu Malaysia, Thailand, Kamboja, Laos, dan Vietnam. Perjalanan ini memakan 16 hari, dari 18 Juli - 2 Agustus 2022, dan diikuti 25 rider Indonesia.

"Kegiatan touring lintas negara ini WIMT 2022 merupakan lanjutan dari kegiatan sejenis yang sukses diselenggarakan IMI pada tahun 2019 lalu menjadi sarana touring diplomasi yang efektif dalam menduniakan Indonesia melalui otomotif," ujar Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo, dalam keterangan resminya.

Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 Foto: Dok. Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT)

Cerita Bikers Indonesia Lewat Jalan Tol di Malaysia

Salah satu keunikan dalam WIMT 2022 adalah ke-25 biker peserta menggunakan motor yang berbeda-beda, yaitu Harley-Davidson, Triumph Motorcycles, Victory Motorcyces, Ducati, Honda, Kawasaki, Royal Enfield, dan BMW.

"Hal ini mungkin dapat menjadi tantangan, tapi ternyata justru menunjukkan kemampuan riding para peserta yang mumpuni dan telah sering mengikuti safety riding, sehingga para biker Indonesia dapat menuntaskan touring di medan yang bervariasi, dengan menerapkan manajemen touring yang tepat," jelas Bernard, salah seorang bikers senior.

Menurut Bernard, perjalanan ini melewati area dengan kontur maupun kondisi yang berbeda-beda. Contohnya, perjalanan di Malaysia relatif lebih banyak dilalui di highway atau jalan tol yang membelah bagian Utara dan Selatan Malaysia. Para bikers dapat menikmati akses jalan tol gratis dengan kondisi jalan yang mulus. Tanpa banyak kesulitan, para bikers pun menyelesaikan touring di Malaysia, untuk memasuki kota Hatyai, Thailand lewat Sadao International Border.

"Walau secara persentase lebih banyak jalan mulus, namun dalam touring kali ini terdapat medan yang menantang, misalnya ketika memasuki perbatasan antara negara Kamboja dan Laos, serta perbatasan Laos dan Vietnam. Di sini banyak jalur masih berupa jalan tanah dan gravel atau bebatuan. Selain itu, temperatur di negara Asia ini cukup panas bahkan dibandingkan dengan Indonesia. Di beberapa tempat, suhu udara mencapai 38 derajat Celcius dengan sinar matahari terik. Artinya selain tantangan untuk badan, kami menghadapi jalan yang sangat berdebu. Tak hanya itu, ada satu daerah dengan jalan tanah yang sempat disiram hujan sehingga menjadi agak berlumpur. Untung tidak banyak," kisah Bernard.

"Saya bangga para biker memiliki kemampuan safety riding yang baik sehingga dapat melewati jalan relatif sulit ini dengan tanpa banyak kesulitan," kata Bernard lagi.

Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022Rombongan Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT) 2022 disambut bikers Vietnam Foto: Dok. Wonderful Indonesia Motorbike Touring (WIMT)

Kemampuan Bikers Indonesia Dipuji Bikers Negara Tetangga

Pujian ternyata juga dilontarkan oleh para bikers luar negeri. Salah satunya oleh Ketua Hanoi Motorbike Club, Tran Anh Tuan. Dia mengaku kagum dengan kemampuan berkendara para bikers Indonesia WIMT 2022 saat melewati perbatasan Vietnam - Laos. Perbatasan di ketinggian lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut ini memiliki trek sulit sepanjang 30 km yaitu jalan berupa tanah dan gravel, ditambah sedang ada pembangunan jalan.

"Apalagi bikers Indonesia tidak semuanya menggunakan motor tipe adventure. Namun ternyata semua bikers Indonesia dapat melewatinya dengan baik termasuk untuk pengguna motor cruiser, ini menunjukkan kemampuan berkendara yang sangat baik," kagum Tran Anh Tuan yang juga menyatakan bangga bahwa Vietnam dipilih sebagai negara tujuan akhir WIMT 2022.



Simak Video "Tol Terpendek di Indonesia Tak Sampai 3 Km, Cek!"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/riar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT