ADVERTISEMENT

Fitur pada Motor yang Buat Perjalanan Jauh atau Dekat Jadi Nyaman

Angga Laraspati - detikOto
Kamis, 28 Jul 2022 11:00 WIB
Dua pebalap Yamaha, Valentino Rossi dan Maverick Vinales berkesempatan menjajal line up terbaru motor Yamaha Indonesia. Rossi menjajal All New Nmax.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Motor menjadi salah satu moda transportasi yang digunakan masyarakat Indonesia untuk bepergian. Selain harganya yang terjangkau, motor punya bodi yang memudahkan penggunanya untuk bermanuver hingga konsumsi bahan bakar yang tak terlalu mahal.

Dilansir dari CNN Indonesia, berdasarkan data wholesales atau distribusi dari pabrik ke dealer pada situs Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) penjualan pada tahun 2021 sejumlah 5.057.516 unit. Angka itu sesuai target yang sebelumnya ditetapkan AISI.

Dari angka tersebut, terlihat minat masyarakat terhadap motor masih tinggi. Apalagi motor sudah dibekali fitur-fitur yang membuat perjalanan dekat maupun jauh menjadi lebih nyaman, baik itu dari segi posisi duduk, performa suspensi hingga kepraktisannya dalam bermobilitas.

Dengan fitur-fitur tersebut, memungkinkan perjalanan yang dilakukan dengan motor menjadi semakin nyaman. Ditambah motor yang sudah dilengkapi dengan teknologi kelas wahid, tentu semakin memudahkan penggunanya dalam perjalanan.

Nah, salah satu motor yang memiliki fitur-fitur kenyamanan tersebut adalah Yamaha All New Nmax 155 Connected Series. Diperkenalkan pertama kali pada 2019 lalu, Generasi terbaru Nmax tetap setia pada DNA-nya dengan bodi yang bongsor dan tetap mempertahankan segitiga ergonomi berkendara.

Hal itu setidaknya dapat dilihat dari posisi kaki yang rileks, jok panjang dan lebar, hingga posisi stang yang sesuai dengan postur tubuh pengendara Indonesia. Sehingga pengguna skutik ini tidak mudah merasa lelah tatkala harus melakukan perjalanan jauh.

Teknologi yang disematkan pada motor ini juga tak kalah canggihnya. Hal ini berkat penyematan Yamaha Connect atau Y-Connect, fitur konektivitas yang menghubungkan motor dengan penggunanya.

Ada beberapa fungsi dari fitur ini seperti notifikasi pesan dan panggilan masuk, memantau kondisi aki dan oli mesin, mengetahui lokasi parkir terakhir, mengecek konsumsi bahan bakar, serta mengetahui posisi ranking dalam hal jarak tempuh dan eco riding.

Yamaha All New Nmax 155 Connected ABS juga punya fitur tersembunyi yakni tuas yang terletak di handle grip kiri. Tuas ini bisa digunakan untuk mengendalikan kontrol informasi pada panel multi informasi display seperti oli, v-belt, odometer, trip, dan aki.

Kenyamanan pada All New Nmax 155 Connected ABS juga semakin berbeda karena adanya penggunaan sub-tank atau tabung peredam pada suspensi belakang. Suspensi tersebut juga bisa diatur dalam 2 opsi penyetelan pre-load.

Seperti pada posisi setelah pre-load di angka 1, maka suspensi lebih lembut dan nyaman ketika menaiki motor sendirian. Ketika berboncengan, setelannya bisa diubah ke angka 2 untuk suspensi yang lebih keras untuk menghindari terjadinya mentok atau bottoming saat melewati jalanan bergelombang.

Motor ini juga sudah dilengkapi dengan pengereman dual channel ABS dan Traction Control System. Untuk fitur kedua, berfungsi menyelaraskan putaran roda depan dan belakang, sehingga motor memiliki traksi yang maksimal dan menghindari slip ketika berakselerasi di permukaan jalan yang licin.

Di sektor dapur pacu, Yamaha All New Nmax 155 Connected Series turut dibekali dengan mesin Bluecore 155cc dengan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Penggunaan mesin tersebut menghasilkan daya maksimum 11,3 kW sebesar @8000 rpm dan torsi puncak 13,9 Nm @6.500 rpm.



Simak Video "Keren! Yamaha Luncurkan Nmax Edisi Spiderman"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT