ADVERTISEMENT

Viral Sopir Pajero Arogan, Yakin Ujian SIM-nya Lulus?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 23 Mei 2022 16:56 WIB
Pajero viral
Viral sopir Pajero diduga tampar pengemudi Yaris di Gerbang Tol Tomang, Jakarta Barat Foto: tangkapan layar
Jakarta -

Viral sopir pajero sport yang bersikap arogan hingga diduga melakukan penamparan kepada pengemudi Yaris di Gerbang Tol Tomang, Jakarta Barat. Kompetensi kepemilikan Surat Izin Mengemudi (SIM) dipertanyakan.

Menurut Pemerhati Transportasi dan Hukum, Budiyanto, perilaku mengemudi hingga road rage di jalan sejatinya tidak perlu terjadi jika sudah memiliki SIM.

"Masih sering kita dapatkan pengendara kendaraan bermotor emosi karena melihat atau bersinggungan langsung dengan pengguna jalan lain yang ugal- ugalan atau berbalapan, zig zag, menyalip dari kiri dan sebagainya, bahkan sampai menimbulkan emosi puncak terjadi pemukulan, penganiayaan atau pengerusakan kendaraan dan sebagainya. Secara logika dan teori sebenarnya hal ini tidak perlu terjadi terutama bagi para pengemudi yang telah memiliki SIM," kata Budiyanto dalam keterangannya, dikutip Senin (23/5/2022).

Mantan Kasubdit Gakkum Polda Metro Jaya ini mengatakan hal ini bisa dicegah sepanjang semua pengguna jalan mampu meletakan keseimbangan antara hak dan kewajiban. Sebagai pemilik SIM semestinya sudah mengetahui aturan tersebut.

"Karena dalam permohonan untuk mendapatkan SIM sudah melalui persyaratan antara lain test psikologi. Dari hasil test ini pemohon bisa dilihat tingkat kecerdasan,emosional,daya reaksi dan daya prediktif dan sbagai sebagai syarat kelulusan untuk mendapatkan SIM," kata Budiyanto.

"Hal ini bisa dicegah sepanjang semua pengguna jalan mampumeletakan keseimbangan antara hak dan kewajiban," tambah Purnawirawan yang berpangkat terakhir Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) itu.

Diberitakan detikcom sebelumnya, sebuah video yang memperlihatkan cekcok antara pengemudi mobil Mitsubishi Pajero berpelat B-199-MCP dan sopir Toyota Yaris di gerbang tol viral di media sosial. Sopir Pajero itu disebut arogan karena menarik kerah baju hingga menampar sopir Yaris tersebut.

Dalam video itu, terlihat sopir Pajero yang mengenakan kacamata hitam itu menarik kerah baju sopir Yaris di depan gerbang tol sambil berteriak. Sopir Pajero itu disebut berkendara secara ugal-ugalan.

"Arogan nih, mobil Pajero nih, ugal-ugalan terus dia berantem," ujar seorang wanita dalam video yang dilihat detikcom, Minggu (22/5/2022).

Mobil dengan pelat nomor B-119-MCP itu rupanya terdaftar atas nama sebuah perusahaan.

"PT M," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes E Zulpan dalam keterangannya, Senin (23/5/2022).

Identitas pemilik mobil Pajero itu terungkap usai polisi melakukan pengecekan nomor pelat kendaraan yang tertangkap kamera dalam video viral. Perusahaan itu diketahui berada di Jatiuwung, Tangerang.

Namun, hingga kini belum diketahui identitas dari pengemudi Pajero yang bersikap arogan tersebut. Kasus itu tengah diselidiki oleh Polsek Tanjung Duren.

Simak Video 'Siap-siap! Pengemudi Pajero yang Tampar Pemobil Yaris Dicari Polisi':

[Gambas:Video 20detik]



(riar/lth)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT