Viral Pemobil Pukul-Tendang Pria di Parkiran, Benarkah Naik SUV Jadi Arogan?

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 26 Des 2021 06:12 WIB
Pemobil pukul pria di depan minimarket
Pemobil pukul pria di depan minimarket Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

Viral di media sosial pemobil SUV Mewah Toyota Prado memukuli pria di depan minimarket. Pelaku pemukulan akhirnya ditangkap polisi.

Dilihat detikcom, Jumat (24/12/2021), salah satu unggahan akun Facebook menyebut bahwa pria yang menjadi korban ialah keponakannya. Lokasinya dikatakan berada di Jalan sekitar sekolah Al Azhar Medan, Sumatera Utara.

Dalam rekaman CCTV yang diunggah pada 22 Desember 2021 lalu itu terlihat satu unit mobil Toyota Prado hitam hendak memasuki area minimarket. Mobil sempat menyenggol motor. Peristiwa terjadi pada 16 Desember 2021 pukul 18.10 waktu setempat.

Seorang wanita turun dari mobil tersebut lalu masuk ke mini market. Tak berselang lama, seorang pria yang menggunakan peci hitam keluar dari minimarket.

Sopir mobil SUV mewah yang menggunakan kemeja putih itu juga keluar dari mobilnya. Keduanya saling berhadap-hadapan dan nampak saling berbicara.

Si pengendara mobil tiba-tiba langsung memukul di bagian wajah pria berpeci tersebut hingga pecinya jatuh. Tak berhenti di sana, sopir pun juga menendang serta berulang kali memukul pria tersebut tanpa ada balasan.

Dalam narasi, pengunggah menyebutkan keponakannya tersebut meminta pemobil mewah itu untuk mundur karena hendak mengeluarkan motor. Detikcom sudah menghubungi pemilik akun tersebut untuk konfirmasi namun belum mendapatkan respon.

"Kemenakan saya hanya meminta mobilnya di mundurin sedikit biar kemenakan saya bisa pulang," tulis pengunggah tersebut.

Polisi telah menangkap dan menetapkan pengemudi mobil Halpian Sembiring Meliala (45), yang viral memukul dan menendang remaja di Medan, Sumatera Utara (Sumut), sebagai tersangka. Kepada polisi, pria itu mengaku memukul dan menendang korban gegara sakit hati.

"Keterangan awal Tersangka bahwa yang bersangkutan motifnya sakit hati karena merasa anak korban ini tidak sopan sama dia kata-katanya," kata Kapolrestabes Medan Kombes Riko Sunarko dalam konferensi pers di medan, Sabtu (25/12/2021).

Riko mengatakan video penganiayaan dilakukan oleh seseorang kepada korban pada 16 Desember 2021 sekitar pukul 18.00 WIB di salah satu minimarket di Jalan Pintu Air IV, Kelurahan Kwala Bekala, Medan Johor.

Apakah Jenis Mobil Memengaruhi Psikologi Seseorang?

Desain mobil yang lebih kekar tak jarang membuat pemiliknya menyalahgunakan demi kepentingan sepihak. Pengamat Otomotif, Yannes Pasaribu mengatakan pemiliknya menjadi sosok yang merasa lebih berkuasa.

"Jika pada awalnya desain yang ekspansif (dan eksklusif) dikonsumsi orang untuk memberikan penghargaan terhadap prestasinya, selanjutnya desain yang ekspansif tersebut cenderung akan memengaruhi karakteristik psikologi pemakainya. Ia akan cenderung berperilaku seakan-akan semakin hebat, kuat, berdaya dan berkausa atas yang lainnya. Intinya: Power tends to Corrupt," jelas Pengamat Otomotif, Yannes Pasaribu beberapa waktu yang lalu.

Hal senada juga turut disampaikan Praktisi Keselamatan Berkendara, Sony Susmana.

"Ada beberapa karakter kendaraan yang bisa menimbulkan arogansi pengemudi. Berbentuk tinggi akan terlihat mampu menjangkau semuanya sehingga merasa memiliki kelebihan daripada kendaraan lainnya. Berbentuk besar, pengemudi merasa lebih harus mendapat prioritas dari yang lainnya. Berbentuk kokoh membuat pengemudi lebih secure apabila harus kontak fisik," jelas Director Training Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, kepada detikOto.



Simak Video "Bakal Dipakai KTT G20, Mobil Listrik Toyota bZ4X Malah Kena Recall"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)