Kepak Sayap Mobil Tesla Ini Bikin Kerugian Rp 143 Juta

Luthfi Anshori - detikOto
Kamis, 19 Agu 2021 06:41 WIB
Pintu Tesla Model X yang terbuka menabrak bagian depan bus di London, Inggris
(Foto: Tangkapan layar YouTube Keelay P. )Pintu Tesla Model X yang terbuka menabrak bagian depan bus di London, Inggris.
Jakarta -

Sebuah kecelakaan lalu lintas terjadi di London, Inggris, melibatkan Tesla Model X dan bus tingkat. Kecelakaan ini terjadi akibat pintu kanan Tesla itu yang terbuka, hingga akhirnya berpapasan dengan bus tingkat dan tabrakan tak bisa dihindari. Walhasil, kerugian ditaksir mencapai Rp 143 juta.

Tesla Model X mengadopsi sistem buka tutup pintu belakang yang unik. Dinamakan Falcon Wing Doors, desain pintu ini membuka ke atas, sehingga mirip dua buah sayap yang membentang jika pintu dibuka kedua-duanya.

Nah, baru-baru ini terjadi kecelakaan yang melibatkan Tesla Model X dengan sebuah bus tingkat. Dalam tayangan video di kanal YouTube Keelay P, tampak mobil Tesla Model X sedang dikendarai dengan posisi pintu belakang kanan yang terbuka.

Tidak diketahui, apakah si pengemudi menyadari atau tidak pintu belakang mobilnya tidak tertutup. Namun yang pasti, bentangan pintu belakang Model X yang mencapai 90 inci (2,2 meter) sudah cukup membuatnya menyerempet objek bus tingkat yang berpapasan.

Di Tesla sendiri sebenarnya ada tiga peringatan ketika salah satu pintu mobil masih terbuka atau tidak tertutup rapat, salah satu peringatan tersebut akan mucul di panel layar, lengkap dengan nada suara yang memberi tahu pengemudi bahwa pintu terbuka. Jadi pertanyaan, mengapa pengemudi Tesla Model X dalam video tersebut masih terus mengendarai mobilnya dengan pintu belakang terbuka.

Rusaknya salah satu bagian Falcon Wing Doors tersebut tentunya menimbulkan kerugian yang tidak sedikit. Dikutip dari Jalopnik, kerusakan tersebut bisa memakan biaya hingga USD 10.000 (Rp 143 juta) untuk perbaikan. Itu baru biaya perbaikan pintunya saja. Belum termasuk biaya perbaikan untuk bus tingkat yang terlibat dalam kecelakaan itu.

[Gambas:Youtube]



(lua/din)