Makin Canggih, Mobil Listrik Tesla Bisa Lindungi Pengendara dari Senjata Biologis

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 13 Agu 2021 18:43 WIB
Tesla Model Y
Mobil listrik Tesla kini bisa lindungi penggunanya dari senjata biologis. Foto: Tesla Motors
Jakarta -

Mobil listrik Tesla dikenal sebagai kendaraan canggih dengan teknologi auto pilotnya. Dan kini merek mobil asal Amerika Serikat tersebut semakin canggih karena memiliki fitur anti senjata biologis. Seperti apa kemampuannya?

Dikutip dari laman Carbuzz, baru-baru ini Tesla memperkenalkan teknologi HEPA filter dengan 'mode pertahanan bioweapon' untuk Model Y. Menurut Tesla, filter ini cukup kuat untuk melindungi pengendara dari serangan senjata biologis.

Sayangnya tidak disebutkan secara spesifik, jenis gas atau zat apa yang bisa disaring oleh filter itu. Tapi Tesla menjamin jika filter itu bisa mengurangi, tak hanya polusi bahkan juga racun berbahaya yang beredar di udara.

Menurut CEO Tesla, Elon Musk, HEPA filter yang ada di Tesla Model Y 100 kali lebih efektif dibanding filter otomotif premium lainnya. Filter di mobil listrik Telsa diklaim bisa menghilangkan hingga 99,97% partikel halus dan polutan gas, serta bakteri, virus, serbuk sari, termasuk spora jamur.

Filter baru ini telah diperkenalkan ke Model Y yang diproduksi di pabrik Fremont pada bulan lalu. Fitur ini pertama kali diperkenalkan kepada konsumen di China, salah satu negara yang terkenal dengan kualitas udara yang buruk.

Selain di Model Y, HEPA filter dengan 'mode pertahanan bioweapon' ini juga ada di Model S dan Model X. Dan tampaknya, fitur serupa belum bisa ditemui pada model termurah, Tesla Model 3.

Model Y sendiri merupakan salah satu model terlaris Tesla. Meskipun harganya semakin mahal dari tahun ke tahun, itu tak mengurangi minat konsumen untuk meminang mobil listrik bergaya SUV ini. Tesla pun merespons hal tersebut dengan penambahan fitur-fitur canggih di Model Y.

(lua/din)