Salut! Polisi Ini Lari-larian Buka Jalan untuk Ambulans

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 06 Nov 2020 12:55 WIB
Raungan sirine, kelap-kelip lampu rotator memecah kemacetan jalan. Sebuah pemandangan yang tak jarang dijumpai saat mobil ambulans melintas di jalan.
Ambulans jadi salah satu kendaraan yang harus didahulukan. Foto: Fuad Hasim
Jakarta -

Ambulans adalah salah satu kendaraan yang harus diprioritaskan di jalan raya. Namun nyatanya, masih banyak pengendara lain yang tidak mengacuhkan keberadaan ambulans sehingga mereka tidak memberikan jalan kepada ambulans yang membawa pasien.

Masalah itu ternyata tak cuma terjadi di Indonesia. Di negara lain seperti di India, ketidakpedulian pengendara terhadap ambulans juga sering terjadi. Kerap kali ambulans yang membawa pasien terjebak dalam lalu lintas padat. Tak jarang pula ambulans itu telat sampai rumah sakit dan pasien tidak tertolong.

Untuk membantu membuka jalan ambulans, polisi di India ini bikin salut. Seorang petugas polisi lalu lintas di Hyderabad, India, melihat sebuah ambulans yang terjebak dalam kemacetan. Ia pun mencoba membantu membuka jalan untuk ambulans.



Membuka jalan untuk ambulans pakai mobil atau motor patroli dengan sirinenya mungkin sudah biasa. Tapi petugas ini membuka jalan untuk ambulans sambil berlari. Ia bahkan berlari sejauh 2 km dan meminta pengendara lain membuka jalan untuk ambulans.

Petugas polisi lalu lintas bernama G Babji tersebut sadar ada ambulans yang terjebak di kemacetan saat jam sibuk sore hari. Video yang beredar di media sosial memperlihatkan G Babji berlari di depan ambulans sambil meminta pengendara lain membuka jalan. Dia terus melambai ke pengemudi ambulans dan menunjukkan kepadanya arah untuk keluar dari kemacetan lalu lintas.

"Itu sekitar pukul 7 malam ambulans sampai di pertigaan GPO. Menyadari bahwa itu macet, saya menyadari bahwa saya harus melakukan sesuatu. Karena waktu sangat berharga, saya berlari menuju Andhra Bank dan memohon kepada pengendara untuk menyediakan ruang bagi ambulans," kata Babji seperti dikutip Cartoq.

Masalah ambulans yang terjebak macet sering kali terjadi terutama di negara-negara berkembang. Padahal, di negara maju, setiap macet pengendara akan menyisihkan ruang di tengah untuk kendaraan darurat. Di negara-negara seperti Jerman, kendaraan yang terjebak macet akan tetap berada di pinggir jalan dan menyisakan ruang di tengah agar kendaraan darurat dengan mudah melintas.



Simak Video "TNI AL Evakuasi 25 Nakes dari Kapal Ambulans Laut yang Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)