Beda Jauh dengan Warga +62, Cara Orang Jerman Beri Jalan ke Ambulans Dipuji

Tim Detikcom - detikOto
Sabtu, 24 Okt 2020 15:31 WIB
Macet di Jalan Tol Jerman
Pengendara memberikan celah jalan untuk ambulans di Jerman (Achim Engel/Wikimedia)
Jakarta -

Berulang kali terjadi di Indonesia mobil ambulans dihalangi kendaraan lain. Kontras betul dengan warga Jerman yang punya kesadaran tinggi dengan membuka rua jalan saat macet.

Kasus penghalangan pada ambulans terbaru terjadi di Jawa Timur. Saat itu mobil ambulans dipacu dengan kecepatan 40-60 Km/Jam menuju RS Sumberglagah. Namun, ada satu pengendara Toyota Innova hitam bernopol L 1597 RX yang menghalangi ambulans. Di depan mobil Innova itu juga ada mobil lainnya yang juga enggan memberi jalan untuk ambulans.

Menurut pengakuan sopir ambulans, mobil itu menghalangi laju ambulans sejauh 2 km. Padahal, sopir sudah menyalakan sirine ambulans, menekan klakson berulang kali, serta meneriaki sopir Innova.

Kondisi ini berbeda sangat jauh dengan kebiasaan warga Jerman. Foto di bawah ini menunjukkan bagaimana pengguna jalan di Jerman menepikan kendaraannya demi memberi jalan pada ambulans atau kendaraan darurat lain.

Macet di Jalan Tol JermanMacet di Jalan Tol Jerman Foto: Achim Engel/Wikimedia

Momen ini umum terjadi jika terjadi kemacetan terutama di jalan tol. Pengendara akan otomatis menepikan kendaraan ke sisi kanan dan kiri jalan, menyisakan sebuah lajur yang terbuka lebar untuk dilalui mobil ambulans atau kendaraan polisi.

Dikutip dari Jalopnik, di Jerman peraturan ini disebut sebagai Rettungsgasse. Atau 'rescue lane' dalam bahasa Inggris.

Peraturan ini pertama diterapkan pada tahun 1971, di Jerman Barat ketika itu. Ketika itu hanya disebutkan kalau pengguna jalan harus menyediakan jalur khusus untuk kendaraan darurat.

Saat Jerman bersatu, aturan itu menyebutkan kalau jalur yang dibuka adalah pada sisi tengah jalan. Di tahun 2016, aturan ini kembali diperkuat di mana dijelaskan secara lebih detil bagaimana pengemudi harus membuka ruas jalan. Sering disebut juga sebagai 'aturan tangan kanan'.

Ilustrasi Atruran tangan kanan dalam berkendara di JermanIlustrasi Atruran tangan kanan dalam berkendara di Jerman (Jalopnik/Johannes Kalliauer)

Bukan cuma mobil, motor juga wajib menepi jika terjadi kondisi serupa. Video di bawah ini menunjukkan bagaimana penerapan Rettungsgasse di jalan tol.

Tapi situasi tertib seperti itu tak selalu bisa tercipta. Ada kalanya saat jalanan sudah terlalu padat, polisi dan ambulans tetap kesulitan menembus masuk jalan tol.



Simak Video "TNI AL Evakuasi 25 Nakes dari Kapal Ambulans Laut yang Bocor"
[Gambas:Video 20detik]
(din/rip)