ADVERTISEMENT

Mobil Tertabrak Kereta di Bekasi, Kenapa Mesin Bisa Mogok di Perlintasan?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Selasa, 21 Jun 2022 16:11 WIB
Jakarta -

Kecelakaan mobil tertabrak kereta api kembali terjadi. Siang tadi, Selasa (21/6), sebuah mobil tertabrak KA Argo Sindoro di Tambun, Bekasi. Akibatnya, satu orang tewas.

Penyebab kecelakaan ini masih didalami. Namun diduga, mobil tersebut mogok saat melewati perlintasan kereta dan tertabrak KA Argo Sindoro hingga terseret sekitar 500 meter.

"Di dalam mobil itu ada satu sopir yaitu suaminya, kemudian ada istri dan satu orang anak. Ada 3 orang di dalam mobil itu. Yang meninggal 1 yang sopirnya itu. Tiba-tiba kendaraannya mati, anak-istrinya turun nah bapak yang sopirnya itu masih berusaha untuk menghidupkan/menjalankan kendaraannya," kata Kasat Lantas Polres Metro Bekasi Kompol Arga Dirja Putera dalam wawancara yang ditayangkan dalam video 20detik, Selasa (21/6/2022).

Kenapa mobil bisa mogok di perlintasan kereta? Menurut Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), Didi Ahadi, kemungkinan mobil mogok di perlintasan kereta karena human error. Dia bilang, kebanyakan peristiwa mobil mogok di tengah perlintasan adalah mobil transmisi manual yang kemungkinan karena salah penggunaan gigi atau karena panik.

"Kalau saya lihat yang sering terjadi adalah, antara jalan sama rel kereta itu biasanya kan jalannya jelek. Biasanya kalau mobil manual, nggak ada momentum sehingga kalau salah kopling itu pasti nyangkut. Ini saya ngomong manual, kalau matik harusnya nggak ada masalah. Biasanya dia (mobil manual mogok di rel kereta karena) nggak ada momentum. Kalau ngebut juga kan risiko, mesti pelan-pelan. Mungkin aja pada saat itu karena nggak ada momentum akhirnya mobilnya mati. Mungkin aja pakai gigi tinggi sehingga saat momentum lewat rel itu mati karena seharusnya pakai gigi rendah," kata Didi kepada detikcom, Selasa (21/6/2022).

Menurut Didi, biasanya di perlintasan kereta api sebidang itu jalanannya sedikit rusak. Karenanya, untuk melewati perlintasan kereta mobil perlu momentum untuk naik secara perlahan. Kemungkinan saat melaju pelan itu mesin mati. Didi menyebut, saat melewati perlintasan kereta api seharusnya pakai gigi rendah. Jika pakai gigi tinggi, bisa jadi momentum hilang sehingga mobil mogok.

"Kedua karena mungkin panik. Kalau panik sudah susah. Panik pasti apa pun bisa terjadi. Misalnya salah masukin gigi atau pedal kopling. Terus masalahnya kalau mogok nggak bisa distarter lagi, itu mesti dicari tahu masalahnya apa. Karena panik mungkin bisa, terus karena mobilnya pada saat itu bermasalah mungkin saja bisa," jelasnya.

[Lanjut Halaman Berikutnya >>> Mitos Gelombang Elektronik Bikin Mobil Mogok]



Simak Video "Mobil Tertabrak Kereta Siliwangi di Cianjur, Dua Orang Luka Berat"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT