Iseng-iseng Main YouTube, Dealer Mobil Bekas Ini Dongkrak Penjualan 300%

Muhammad Hafizh Gemilang - detikOto
Minggu, 02 Jan 2022 10:17 WIB
Jakarta -

Keterbukaan informasi dan tingginya angka pengguna media sosial, menuntut para pedagang agar terjun ke internet untuk memasarkan produknya. Tak terkecuali bagi dealer mobil bekas.

Salah satu dealer mobil bekas di bilangan Rawa Kalong, Kabupaten Bogor mengaku penjualannya meningkat drastis sejak dealer-nya 'main' ke YouTube.

"Dulu kami paling dagang 8-10 unit mobil per bulan. Sekarang sejak mulai eksis di media sosial, bisa 20-30 unit terjual," papar Bang Haji Martin Suharto pemilik dealer mobil bekas Syariah Mobilindo kepada detikOto.

"Alhamdulillah, bisa dibilang peningkatannya mungkin 300% yah," lanjutnya.

Tak hanya sembarang terjun ke internet dan media sosial untuk memasarkan produknya, Syariah Mobilindo juga mengikuti tren memberikan promo. Salah satu promo yang mereka usung adalah 'Harbolnas'.

"Karena di sini (pembelinya) bukan cuma Jabodetabek, tapi di seluruh Indonesia sudah ke sini. Bahkan kita sudah bikin namanya promo Harbolnas sampai empat hari itu, itu sangat antusias, langsung sold 30 pemesan cuma empat hari. Jadi antusias banget," papar Martin.

Saat ini, Syariah Mobilindo terpantau punya lebih dari 13 ribu pengikut di channel Youtube Syariah Mobilindo. Bahkan salah satu video paling laris di kanal mereka, tembus 26 ribu penonton dalam waktu 13 hari saja.

Selain Youtube, dealer yang fokus menjual mobil bekas di kisaran harga Rp 100 hingga Rp 200 jutaan ini, juga aktif menggunakan aplikasi sosial media lain seperti Instagram dan TikTok.

Untuk lokasinya, Syariah Mobilindo berdomisili di Jalan Pendidikan, Rawa Kalong, Kabupaten Bogor. Namun Syariah Mobilindo mengatakan bisa melayani pembeli dari luar daerah.

(mhg/rgr)