Armada Bus di London 100% Beralih Pakai Tenaga Listrik Tahun 2037

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Rabu, 22 Sep 2021 21:40 WIB
A passenger wears a face-mask as a Covid-19 protective measure as she travels on a bus in central London on July14, 2021. - London Mayor Sadiq Khan on Wednesday called for use of face coverings to remain compulsory on public transport in the British capital after government plans to relax Covid curbs begin on July 19. (Photo by JUSTIN TALLIS / AFP)
Bus di Kota London akan 100% bertenaga listrik pada 2037 (AFP/JUSTIN TALLIS)

Tidak hanya London yang mengusung target menggunakan bus tenaga listrik, Jakarta juga berencana memperbanyak armada bus listrik. Bahkan, beberapa waktu lalu bus listrik sudah mulai diuji coba.

Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta), secara resmi meluncurkan bus listrik Transjakarta pada Jumat (3/9/2021).

Direktur Utama PT Transjakarta, Sardjono Jhony mengatakan, usai diluncurkan bus listrik tersebut akan diuji coba selama tiga bulan dan masyarakat bisa menikmati bus ini secara gratis dengan koridor I rute Blok M - Balaikota.

Selain itu, Sardjono juga mengungkapkan sudah merancang perencanaan untuk penggunaan bus listrik Transjakarta. Penggunaan bus listrik Transjakarta masuk dalam rencana jangka panjang PT Transjakarta.

"Di dalam rencana jangka panjang perusahaan ini tertulis bahwa kita akan mengoperasikan lebih sampai 10.000 bus listrik pada akhir tahun 2030," kata Sardjono.

Menurutnya, pada 2025 Transjakarta akan mengoperasikan 5.000-an bus listrik. Pemprov DKI Jakarta juga akan beralih dari penggunaan bus berbahan bakar solar ke bus listrik.

"Bersamaan dengan itu, di tahun 2025, Pemprov DKI mencanangkan kebijakan untuk tidak lagi membeli bus yang berbahan bakar solar atau fosil. Jadi semuanya akan beralih ke electric bus," jelasnya.


(din/din)