Mitsubishi Berharap Luncurkan Truk Listrik Fuso eCanter di Indonesia, Tapi...

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Selasa, 27 Jul 2021 19:23 WIB
Mitsubishi memamerkan purwarupa truk tenaga listrik Fuso E-Canter di pameran Gaikindo Indonesia International Motor Show (GIIAS) 2017 di ICE BSD City, Tangerang, Selasa (15/8/2017).
Fuso eCanter atau truk Fuso listrik Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Hadirnya kendaraan listrik saat ini tak hanya dari segmen mobil pribadi ataupun bus saja. Kini perlahan sejumlah produsen juga tengah mengembangkan truk pengangkut barang yang ditenagai oleh listrik, salah satunya adalah Mitsubishi.

Pabrikan asal Jepang tersebut sebelumnya telah memperkenalkan Mitsubishi Fuso eCanter. Bahkan, wujudnya sudah tampil pada sejumlah pameran otomotif. Namun sampai saat ini, belum ada kepastian kapan truk bertenaga listrik tersebut akan diluncurkan.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Naoya "Rocky" Takai mengungkapkan jika saat ini sudah banyak konsumen yang tertarik untuk membeli Fuso listrik tersebut. Tapi, untuk saat ini truk listrik masih belum bisa diluncurkan.

"Kami tentunya berharap bisa meluncurkan Mitsubishi Fuso eCanter dalam waktu dekat ini. Kami juga melakukan sejumlah diskusi dengan headquarter Mitsubishi di Jepang dan seluruh dunia, tapi sayangnya untuk saat ini belum bisa ditentukan kapan Fuso eCanter akan diluncurkan," kata Rocky dalam acara virtual peluncuran dealer Mitsubishi Fuso Terbaru, Senin (26/7/2021).

Bila nantinya sudah diluncurkan secara resmi, tentu ada sejumlah tantangan yang dihadapi oleh Fuso eCanter saat dijual di pasar Indonesia. Hal tersebut diakui Rocky akan terjadi jika truk listrik ini sudah hadir dalam waktu dekat.

Truk Listrik Mitsubishi E-FusoTruk Listrik Mitsubishi E-Fuso Foto: Mitsubishi

Rocky mengaku, sejumlah infrastruktur untuk kendaraan listrik yang ada di Indonesia masih kurang, salah satunya seperti stasiun pengisian kendaraan listrik yang masih jarang ditemukan.

"Ini juga sudah kita bicarakan di Indonesia, ada sejumlah tantangan yang dihadapi oleh Fuso eCanter ketika hadir di sini seperti sulitnya tempat charging listrik, karena di sejumlah tempat masih jarang ditemukan juga," jelasnya.

Selain fasilitas infrastruktur yang belum sepenuhnya memadai, Rocky juga menyebut harga yang relatif mahal bisa jadi kendala bagi sejumlah konsumen yang ingin membeli Fuso eCanter tersebut.

"Selain itu, harga truk listrik ini terbilang masih sangat mahal dan belum bisa disesuaikan dengan segmen masyarakat Indonesia dalam membeli kendaraan niaga," sambung Rocky.

Meski terdapat sejumlah tantangan, Rocky berharap ke depannya Mitsubishi bisa menjalin kerja sama dengan pemerintah dalam mengembangkan truk listrik di Indonesia. Dia berharap mendapat dukungan penuh agar bisa mewujudkan Fuso eCanter dalam waktu dekat.

"Jadi kita harus bisa berkolaborasi dengan pemerintah untuk bisa mempromosikan truk bertenaga listrik ke masyarakat. Selain itu, kami juga membutuhkan dukungan pemerintah agar truk listrik bisa terwujud dalam waktu dekat," pungkas Rocky.



Simak Video "Mitsubishi Siapkan Mobil Listrik Murah, Seharga Terios dan Rush Cs "
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)