Ducati Bikin Sepeda Lipat, Harganya Setara Skuter Matic

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Kamis, 01 Jul 2021 15:34 WIB
Jakarta -

Ducati sudah beberapa kali meluncurkan sepeda. Yang terbaru, pabrikan asal Italia itu merilis folding bike (sepeda lipat) bertenaga listrik. Harganya? Setara skuter matic di Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Ducati telah meluncurkan sepeda listrik atau e-bike yang bernama e-Scrambler. Tak cukup meluncurkan satu sepeda, Ducati kini membuat sepeda lipat pertama mereka yang bernama MG-20.

Hadirnya sepeda ini akan melengkapi seri Scrambler Ducati SCR-E dan SCR-E Sport yang telah diluncurkan sebelumnya. Ducati juga sudah pernah melahirkan sepeda e-Bike tapi dikhususkan untuk menjelajah gunung.

Dikutip dari Paultan, sepeda lipat ini ditujukan pada konsumen yang senang mengendarai di perkotaan atau lingkungan perumahan. Selain itu sepeda ini diklaim cukup ringan sehingga mudah dibawa ke mana-mana.

Hal ini dibuktikan dengan rangkai, garpu dan velg yang terbuat dari bahan magnesium yang dipastikan ringan namun tetap kokoh. Ducati menggunakan ukuran roda yang kecil berdimensi 20 x 2,125 inci agar mudah dimasukkan ke dalam mobil atau kendaraan umum.

Sepeda Lipat DucatiSepeda Lipat Ducati Foto: ducati.com

E-bike ini dilengkapi dengan motor bertenaga 250-Watt dengan daya baterai sebesar 36 Volt buatan Samsung. Sepeda ini semakin keren dengan berbagai fitur pilihan mengemudi layaknya mengendarai mobil, sehingga pesepeda bisa mengayuh Ducati e-bike lebih nyaman.

Baterai sepeda ini terintegrasi ke dalam rangka dan bisa dilepas saat dicas ulang sehingga lebih mudah. Sepeda listrik ini juga mendapat sertifikat IP54 yang berarti aman ketika terkena cipratan air dan debu, namun bukan berarti sepeda dapat tahan terhadap air.

Ducati mengklaim jika sepedanya bisa melaju hingga jarak sejauh 50 km dalam sekali pengisian daya. Sepeda ini menghasilkan torsi sebesar 10,8 Nm yang dapat mencapai kecepatan maksimal 25 km/jam sesuai standar yang ditentukan.

Hadir juga sebuah layar kecil LCD yang dapat memberikan informasi serta merubah kontrol kemudi bantuan. Sehingga konsumen bisa memilih opsi bersepeda sesuai kondisi jalan, sudut tanjakan hingga gaya mengayuh di jalan.

Sepeda Lipat DucatiSepeda Lipat Ducati Foto: ducati.com

Untuk harganya, sepeda lipat ini ini dibanderol dengan harga 1.599 Euro atau sekitar Rp 27,6 jutaan. Harga tersebut tak jauh berbeda dengan berbagai skuter matik yang terjual di pasaran seperti Honda Vario 150 (Rp 24,7 juta), Yamaha Aerox 155 Connected (Rp 25,7 juta) atau LEXI S-ABS (Rp 27,1 juta).

Jadi, tertarik untuk membelinya?

(din/din)