Di Manakah Posisi Terbaik Penumpang Saat Naik Bus Double Decker?

Luthfi Anshori - detikOto
Senin, 21 Jun 2021 12:23 WIB
Jakarta -

Bus double decker alias bus tingkat kini menjadi salah satu layanan armada yang bisa dipilih konsumen saat ingin berpergian keluar kota. Dibanding bus single deck, bus double decker menawarkan lebih banyak opsi tempat duduk untuk penumpang. Lalu dimanakah posisi terbaik penumpang saat naik bus tingkat?

Dijelaskan Brand & Marketing Communication Manager karoseri Laksana, Candra Dewi, untuk penumpang yang hobi atau suka melihat pemandangan luar, sangat disarankan duduk di dek atas, terutama di barisan kursi terdepan yang mempunyai pemandangan terbaik.

Bus tingkat PO Rosalia Indah buatan karoseri AdiputroSleeper seat di PO Rosalia Indah buatan karoseri Adiputro Foto: Instagram @adiputro_official

"Sementara untuk penumpang yang lebih ingin istirahat, mungkin sebaiknya duduk di dek bawah, lebih sedikit penumpang, lebih tenang dan secara ayunan kendaraan juga lebih tenang (tidak limbung)," kata Dewi, kepada detikOto, beberapa waktu lalu.

Senada dengan pernyataan Dewi, Ketua Umum BisMania Community, Zaenal Arifin, juga sepakat jika kursi paling depan di dek atas merupakan kursi yang terbaik bagi penumpang.

Legacy SR2 Double DeckerBus tingkat Laksana Legacy SR2 Double Decker Foto: Laksana

"Kalau di double decker, kursi yang paling depan di atas yang saya suka. Meskipun ada anggapan di dek atas itu limbung, sebenarnya itu tergantung dari si pengemudi. Kalau selama saya naik sih, goyangan yang ada di dek atas itu masih wajar," kata Zaenal.

Sementara untuk dek bawah, menurut Zaenal lebih cocok untuk penumpang yang ingin istirahat. "Karena di bawah itu kelasnya Super Eksekutif. Kursinya biasanya cuma enam (dan lebar-lebar). Terus yang di atas ban itu (di beberapa PO sekarang) juga disematkan kelas sleeper seat (jadi bisa buat tiduran)," terang Zaenal.

(lua/riar)