Honda Mau Ikutan Jelajah Bulan, Bantu Sediakan Oksigen dan Listrik

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Jumat, 18 Jun 2021 18:30 WIB
Honda Bakal Ikutan Jelajah Bulan
Foto: Dok. Honda. Honda Bakal Ikutan Jelajah Bulan
Jakarta -

Pabrikan otomotif berlomba-lomba menghadirkan kendaraan yang bisa digunakan untuk menjelajah bulan. Setelah Toyota menyatakan minatnya membuat mobil penjelajah bulan, kali ini giliran Honda.

Honda mengumumkan bahwa mereka berencana untuk memulai studi kelayakan tentang sistem energi terbarukan sirkulatif di ruang angkasa yang dirancang untuk memasok oksigen, hidrogen, dan listrik. Studi ini dilakukan Honda bersama dengan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

Honda akan mengerjakan sistem energi terbarukan untuk astronot. Sebenarnya, Honda tidak mengembangkan kendaraan penjelajah bulan seperti Toyota Lunar Cruiser, tapi lebih mendukung astronot.

Honda akan fokus untuk mempersiapkan dan menjaga agar manusia tetap hidup di bulan untuk waktu yang lama. Untuk mendukung hal itu, akan disediakan oksigen, hingga listrik.

Sistem energi terbarukan sirkulatif menggabungkan sistem elektrolisis air tekanan diferensial tinggi dan sistem sel bahan bakar. Sistem ini dirancang untuk memproduksi oksigen, hidrogen, dan listrik yang berkelanjutan dari energi matahari dan air.

Lebih khusus lagi, sistem elektrolisis air tekanan diferensial tinggi menggunakan energi matahari dan mengelektrolisis air untuk menghasilkan oksigen dan hidrogen. Oksigen akan digunakan untuk orang-orang di pos terdepan, dan hidrogen akan digunakan sebagai bahan bakar untuk transfer pesawat ruang angkasa yang akan mendarat dan naik dari Bulan. Oksigen dan hidrogen juga akan digunakan oleh sistem sel bahan bakar untuk menghasilkan listrik untuk pos terdepan dan penjelajah di permukaan bulan.

Honda Bakal Ikutan Jelajah BulanHonda Bakal Ikutan Jelajah Bulan Foto: Dok. Honda

Sistem elektrolisis air tekanan diferensial tinggi yang dibuat oleh Honda tidak memerlukan kompresor untuk mengompresi hidrogen, jadi lebih compact dan ringan. Hal ini juga berkontribusi pada pengurangan kapasitas dan massa muatan yang merupakan tantangan utama dalam transportasi ruang angkasa.

Tahun ini, Honda dan JAXA akan mengembangkan beberapa prototipe dan memulai uji kelayakan. Menurut badan antariksa, tindak lanjut dari hasilnya akan diumumkan pada tahun 2022.



Simak Video "Tampil Lebih Segar, Segini Harga Honda Beat Baru Per Juli 2021"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)