Hyundai Rilis Konsep Mobil Penjelajah Bulan, Bisa 'Jalan Kaki'

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 10 Feb 2021 13:59 WIB
Konsep Mobil Penjelajah Bulan Hyundai, Bisa Jalan Kaki
Mobil penjelajah bulan Hyundai. Foto: Dok. Hyundai
Jakarta -

Hyundai merilis konsep kendaraan robot yang bisa menjelajah berbagai medan berat. Konsep mobil robot bernama Tiger ini disebut sebagai kendaraan mobilitas tanpa awak pertama Hyundai.

Tiger sendiri merupakan singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot. Tiger dikembangkan oleh New Horizons Studio Hyundai dan dirancang untuk membawa muatan melewati medan yang menantang.

Konsep ini didasarkan pada platform modular dan dilengkapi ruang muatan di dalam baknya. Ini memungkinkan Tiger untuk membawa segala sesuatu mulai dari persediaan darurat hingga paket untuk dikirim.

Yang menarik dari konsep robot Tiger ini adalah sistem penggerak kaki dan roda yang canggih. Saat melewati medan yang sulit dijangkau, kendaraan ini bisa memiliki kaki dan berjalan di atas rintangan sambil tetap menjaga muatannya aman.

Konsep Mobil Penjelajah Bulan Hyundai, Bisa Jalan KakiKonsep Mobil Penjelajah Bulan Hyundai, Bisa Jalan Kaki Foto: Dok. Hyundai

Fitur mobil yang bisa berjalan kaki ini sebelumnya ditampilkan pada konsep Hyundai Elevate yang memulai debutnya di CES pada 2019. Mobil digabungkan dengan teknologi listrik dan robot yang membuatnya memiliki kaki yang dapat digerakkan. Sehingga tak perlu lagi bersusah payah melewati jalanan rumit, mobil bisa melintasinya dengan mudah dan aman. Kaki-kaki mobil tersebut bisa memanjat tebing, banjir, atau beton yang hancur.

Sementara Hyundai Elevate ditujukan untuk kendaraan darurat atau evakuasi, konsep Tiger ini adalah kendaraan kecil tanpa awak.

Konsep Tiger garapan Hyundai ini menampilkan delapan sensor ultrasonik 360°, delapan susunan kamera, konektivitas GPS dan 4G. Ada juga dua panel radar penembus tanah untuk eksplorasi.

Hyundai tidak membahas banyak hal spesifik, tetapi mengatakan TIGER dapat dilengkapi dengan tubuh yang berbeda untuk aplikasi unik seperti pengiriman kargo atau pengawasan di lokasi yang tidak terjangkau manusia. Konsep ini juga memiliki penggerak semua roda, kontrol arah 360.

Uniknya lagi, Hyundai mengatakan konsep Tiger ini dapat digunakan untuk menjelajahi bulan atau planet lain.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)