Hyundai Bangun Parkir Mobil Terbang Pertama di Inggris

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 01 Feb 2021 14:34 WIB
Mobil terbang Hyundai
Inggris bangun bandara untuk mobil terbang. Foto: Response
Jakarta -

Hyundai merupakan salah satu pabrikan otomotif yang tengah gencar mengembangkan mobil terbang, selain mengembangkan mobil listrik dan otonom pastinya. Produsen asal Korea Selatan itu kini tengah mempersiapkan tempat berhenti mobil terbang atau semacam landasan udara di Inggris.

Tujuan utama dari proyek ini adalah untuk mendemonstrasikan bagaimana mobilitas mobil terbang di masa depan. Pembangunan landasan untuk mobil terbang ini dilakukan di kota Coventry, Inggris.

Untuk merealisasikan ini, Hyundai bekerja sama dengan Ubarn-AirPort, sebuah perusahaan rintisan yang bermarkas di Inggris. Keduanya akan mengembangkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk mobil terbang lepas landas dan mengantarkan orang maupun barang.

Bulan November tahun ini harusnya warga kota tersebut sudah dapat melihat bagaimana parkir mobil terbang Hyundai ini. Tidak hanya itu, Hyundai juga ikut mempersiapkan demonstrasi bagaimana mobil terbang beroperasi dengan mengangkut orang.

Urban-Air Port menjadi program pemerintah yang bertujuan untuk mengembangkan mobil terbang tanpa emisi. Program ini mendapatkan dana hibah USD 1,65 juta untuk membangun instalasi sementara bandara mobil terbang itu di pusat kota Coventry.

"Dengan dukungan pemerintah Inggris dan Hyundai Motor Group, kami akan mewujudkan bandara pertama yang beroperasi penuh di dunia," kata pendiri dan ketua eksekutif Urban Air-Port, Ricky Sandhu kepada Reuters.

Sandhu menambahkan bahwa infrastruktur adalah bagian yang belum menjadi sorotan ketika beberapa pabrikan sudah melakukan langkah maju dalam pengembangan mobil terbang.

"Anda tidak bisa turun dari kereta atau naik kereta kecuali Anda sudah sampai di stasiun kereta, sehingga infrastruktur pendukung di darat mutlak jadi kuncinya," tambahnya.



Simak Video "Punya Pabrik di RI, Harga Mobil Listrik Hyundai Bakal Lebih Murah?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)