Rekor Tempat Parkir Termahal Ada di Hong Kong, Sampai Rp 18 Miliar!

Tim detikcom - detikOto
Senin, 07 Jun 2021 16:52 WIB
Hong Kong dan Tokyo, Dua Kota Termahal bagi Ekspatriat
Di Hong Kong ada rekor tempat parkir termahal. Harganya tembus Rp 18 milliar! Foto: DW (News)
Jakarta -

Biaya parkir menjadi salah satu pengeluaran yang perlu dipertimbangkan oleh pemilik kendaraan. Kamu merasa biaya parkir di daerahmu sudah termasuk mahal? Ternyata ada yang lebih mahal lagi, lho.

Dikutip BBC, sebuah tempat parkir di Hong Kong memecahkan rekor baru. Fasilitas parkir itu telah terjual seharga HK$ 10,2 juta atau setara Rp 18,7 miliar!

Itu adalah salah satu dari beberapa tempat yang dijual di sebuah pengembangan ultra-mewah di kawasan perumahan The Peak yang makmur di kota itu. Pengembangan The Mount Nicholson yang menghadap ke Pelabuhan Victoria di kota ini memiliki beberapa rumah paling mahal di Asia.

Hong Kong dinilai begitu padat. Sehingga ruang baik tempat tinggal atau tempat parkir mobil dapat dikenakan biaya yang cukup besar. Pusat keuangan global ini sering menempati urutan teratas daftar tempat tinggal paling mahal di dunia.

Menurut catatan Bloomberg, rekor harga tempat parkir sebelumnya juga ada di Hong Kong. Pada 2019, tempat parkir di Hong Kong itu dijual US$ 980.000 (Rp 13,9 miliar).

Sementara itu, selain Hong Kong, banyak juga kota di dunia dengan tarif parkir mahal. Berdasarkan data yang dipublikasikan Parkopedia Parking Index yang diambil dari tahun 2019 dengan mempertimbangkan durasi parkir minimal dua jam dan berlaku pada kantung-kantung parkir (bukan parkir di pinggir jalan), tarif parkir di Kota New York untuk durasi dua jam rata-rata adalah USD 34,94. Itu setara dengan Rp 513.000. Dibanding kota-kota lain di seluruh dunia, biaya parkir di New York jadi yang paling tinggi.

Sidney juga memiliki tarif parkir yang tinggi. Kota di Australia itu mematok tarif parkir sebesar USD 27,37 (setara dengan Rp 402.000) untuk dua jam. Diikuti Brisbane (Rp 302.000) dan Chichago (Rp 295.177).

Sementara dari wilayah Asia, Tokyo juga mematok tarif parkir yang mahal. Setiap dua jam ditarik biaya Rp 177.723.

Untuk parkir pinggir jalan, kota dengan biaya paling tinggi adalah Amsterdam. Per dua jam, kendaraan dikenakan biaya USD 14,61 yang setara dengan Rp 214.767.

Dalam laporannya, Parking Index menyebut biaya parkir jalanan Amsterdam paling mahal terkait kebijakan kota tersebut untuk mengurangi jumlah kendaraan terutama di pusat kota. Malah, Amsterdam menjadi satu-satunya kota yang masuk daftar 50 besar biaya parkir paling besar baik di kantong-kantong parkir maupun untuk di tepi jalan.



Simak Video "Catat! Ini Daftar Lokasi Parkir Motor Rp 18.000 Sejam"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)