Kamis, 20 Jun 2019 08:55 WIB

Inikah Kampus dengan Tarif Parkir Termahal di Indonesia?

Dina Rayanti - detikOto
Tarif parkir mahal di Universitas Pelita Harapan. Foto: Screenshot Instagram Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Univesitas Pelita Harapan Tarif parkir mahal di Universitas Pelita Harapan. Foto: Screenshot Instagram Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Univesitas Pelita Harapan
Jakarta - Tarif parkir di kampus Universitas Pelita Harapan (UPH) tengah ramai diperbincangkan di ranah media sosial Instagram. Sebuah postingan yang diunggah akun Instagram Himpunan Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Pelita Harapan (HMFH UPH) menuliskan kalau tarif parkir UPH menjadi yang termahal di antara universitas lain di Indonesia.

Dalam unggahan tersebut juga disebutkan ada dua jenis lahan parkir yang ditawarkan yakni VIP dan Ekonomi dengan dua tarif berbeda.


Jika memarkirkan mobil di lahan 'VIP', satu jam pertama akan dikenakan tarif Rp 4.000. Namun di jam berikutnya bakal berlaku tarif Rp 25.000 secara flat. Sedangkan jika memarkir kendaraan di lahan 'Ekonomi' tarifnya sedikit lebih murah dari 'VIP'.

[Gambas:Instagram]


Di lahan 'Ekonomi' mobil bakal dikenakan tarif Rp 4.000/jam dan maksimalnya Rp 15.000. Tarif ini dinilai HMFH UPH lebih mahal dari tempat rekreasi.

"HMFH UPH telah melakukan sebuah kajian terhadap tarif parkir di UPH. Kami menemukan jika tarif parkir di UPH adalah yang termahal di antara universitas - universitas di wilayah yang sama (Tangerang Raya), bahkan paling mahal di Indonesia ! Tarif yang diberlakukan saat ini bahkan lebih mahal daripada banyak pusat perbelanjaan! Bagaimana mungkin fasilitas parkir yang digunakan untuk kebutuhan pendidikan, memiliki harga yang lebih mahal daripada untuk rekreasi? Kami dengan tegas menolak komersialisasi berlebihan wilayah institusi pendidikan dan menuntut pihak UPH untuk merespon tuntutan kami," tulis unggahan tersebut seperti dilihat detikcom, Kamis (20/6/2019).


Dalam unggahan tersebut juga sekaligus memberikan informasi mengenai tarif parkir di kampus-kampus lain di wilayah Jakarta. Jika diperhatikan tarifnya tak lebih mahal dari yang ada di UPH. detikcom sampai saat ini masih berusaha menghubungi UPH untuk meminta komentarnya.



Tonton video Mungkin Teknologi Parkir Ini Patut Ditiru di Jakarta:

[Gambas:Video 20detik]

(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed