Laksana Rilis Bus Medium Nucleus: Fasilitas Komplet, Harga Tak Sampai Rp 1 M

Luthfi Anshori - detikOto
Jumat, 21 Mei 2021 14:55 WIB
Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5
Foto: Screenshot Youtube Laksanabus. Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5.
Jakarta -

Karoseri Laksana kembali merilis produk bodi bus terbarunya. Namun bukan jenis SHD, DD, atau Sleeper Bus, bodi terbaru yang diluncurkan karoseri bus asal Ungaran, Semarang, itu adalah Nucleus 5. Laksana Nucleus 5 merupakan bus medium yang memiliki fasilitas komplet, dengan harga tak sampai Rp 1 miliar.

Dibanding dengan generasi Nucleus sebelumnya, Nucleus 5 hadir dengan desain lebih modern, serta ditambah dengan fasilitas-fasilitas penunjang yang lebih memanjakan konsumen.

Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5 Foto: Screenshot Youtube Laksanabus

Dari bagian luar, Nucleus 5 hadir dengan desain yang cenderung mengotak. Kaca bagian depan, samping, bahkan kaca bagian belakang bus ini didesain cukup besar, sehingga menghadirkan nuansa kabin yang lega bagi penumpang.

Dijelaskan oleh Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi, bus medium Nucleus 5 ini memakai sasis dan mesin Hino FB. Bus ini bisa mengangkut sekitar 35 orang.

Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5 Foto: Screenshot Youtube Laksanabus

"Untuk fasilitasnya ada bus stopping, hand sanitizer dan termometer automatis, model low Entry, disability friendly, USB charger, dan CCTV," terang Dewi, kepada detikOto, Jumat (21/5/2021).

Lanjut Dewi menjelaskan, bus medium ini dibanderol dengan harga sekitar Rp 900 juta, termasuk sasis dan bodi. "Ini adalah inovasi Laksana apabila nanti ada permintaan bus kota/bus dengan model medium bus, di mana merupakan 1st Low Entry medium bus di Indonesia, diharapkan juga Laksana bisa men-support pemerintah di perkembangan transportasi darat," sambung Dewi.

Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5Bus medium terbaru Laksana Nucleus 5 Foto: Screenshot Youtube Laksanabus

Jika bicara Nucleus, nama bodi bus ini sebelumnya juga pernah digunakan pada model-model bus besar Laksana untuk melayani trayek AKDP (Antar Kota Dalam Provinsi) maupun AKAP (Antar Kota Antar Provinsi).

Lalu apakah ada kemungkinan bodi Nucleus 5 ini dibuat dengan dimensi lebih besar untuk bus AKDP atau bus AKAP? "Enggak ya, Nucleus model sekarang (hanya untuk bus) medium," terang Dewi.



Simak Video "Salut! Bus Mercy Disulap Jadi Dapur Berjalan dan Bagikan Makanan Gratis"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)