PO Sinar Jaya Punya Sleeper Bus Baru, Andalkan Bodi Laksana dan Sasis Mercy

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 04 Mei 2021 15:59 WIB
Bus suites class PO Sinar Jaya
Bus suites class PO SInar Jaya. Foto: Dok. Laksana
Jakarta -

Perusahaan Otobus (PO) Sinar Jaya kembali memperkenalkan bus jenis suites class yang akan digunakan sebagai salah satu armadanya. PO Sinar Jaya tetap mempercayakan karoseri Laksana untuk membuat bus dengan konsep layaknya hotel kapsul itu. Makin mewah, karena bodi bus tersebut dipasangkan dengan sasis premium dari Mercedes-Benz.

Tren bus dengan konsep hotel kapsul atau sleeper bus kini sedang menjamur di Indonesia. Dipelopori oleh karoseri Laksana, bodi sleeper bus kini sudah digunakan oleh PO Sinar Jaya, New Shantika, Tami Jaya, Handoyo, Pandawa 87, dan PO Sahaalah.

Bus suites class PO Sinar JayaBus suites class PO Sinar Jaya Foto: Dok. Laksana

PO Sinar Jaya yang menjadi pelopor perusahaan transportasi di segmen sleeper bus Indonesia kini menambah armadanya lagi. Perusahaan bus yang berbasis di Cibitung, Bekasi ini, tetap mengandalkan bodi Laksana Legacy SR2 Suites Class, yang dikombinasi dengan sasis Mercedes-Benz.

"Total (bus Legacy SR2 Suites Class PO Sinar Jaya) 6, Senin kemarin (3/5/2021) launch 2, besok rabu rencana (launching) 4 (lagi)," ujar Communication Manager CV Laksana, Candra Dewi, kepada detikOto, Selasa (4/5/2021).

Secara eksterior, 6 unit Legacy SR2 Suites Class terbaru PO Sinar Jaya ini masih mempertahankan desain eksterior lama, dengan warna dasar putih dan livery berwarna pelangi.

Bus suites class PO Sinar JayaBus suites class PO Sinar Jaya Foto: Dok. Laksana

Adapun perubahan ada di bagian desain selendang yang mengadopsi S-Series. Desain selendang ini terlihat lebih elegan dan modern, dengan bentuk lebih tipis dan menyambung dengan desain spion dan penyekat kaca depan alias topi. Pada model lama, selendang berbentuk bumerang ini punya desain yang lebih besar dan menyambung ke bodi samping.

Sementara untuk bagian sasis dan mesin, bus suites class PO Sinar Jaya sekarang menggunakan Mercedes-Benz OH 1626. Sasis ini menggunakan mesin berkapasitas 6.374 cc, OM 906 LA Euro 3 Diesel, 6-Silinder Segaris, Direct Injection, dengan Turbocharger dan Intercooler.

Bus suites class PO Sinar JayaBus suites class PO Sinar Jaya Foto: Dok. Laksana

Mesin itu bisa menghasilkan tenaga puncak 191 KW (260 dk) pada 2.200 rpm dan torsi maksimum 950 Nm di rentang 1.200-1.600 rpm. Tenaga tersebut disalurkan melalui pilihan transmisi manual 6 percepatan atau transmisi otomatis 6 percepatan.

Bicara konfigurasi kursi, 6 bus suites class PO Sinar Jaya memiliki 22 kursi atau kabin yang kursinya bisa direbahkan dengan kemiringan 150 derajat. Lalu juga ada fasilitas toilet yang bisa digunakan saat bus berjalan dan khusus untuk buang air kecil saja.



Simak Video "Mau Naik Sleeper Bus? Segini Biayanya"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)