Ini Daftar PO yang Punya Sleeper Bus, Layani Trayek AKAP Hingga Pariwisata

Luthfi Anshori - detikOto
Rabu, 28 Apr 2021 03:50 WIB
Sleeper bus PO Pandawa 87
Foto: Dok. Adiputro. Sleeper bus PO Pandawa 87 buatan karoseri Adiputro.
Jakarta -

Dunia transportasi bus di Indonesia semakin berkembang seiring dengan infrastruktur jalan tol yang mulai memadai. Layanan bus yang ada saat ini pun sangat beragam, mulai dari bus jenis high decker, bus double decker alias bus tingkat, hingga sleeper bus yang mirip hotel kapsul berjalan.

Khusus untuk sleeper bus, bus jenis ini tergolong unik karena bisa membuat penumpangnya merasakan pengalaman baru saat menggunakan transportasi umum darat, di mana mereka bisa rebahan sepanjang perjalanan, dengan privasi yang terjaga dan didukung berbagai fitur hiburan seperti layanan AVOD (Audio Video On Demand) dan masih banyak lainnya.

Di Indonesia sendiri kehadiran sleeper bus dipelopori oleh karoseri Laksana yang merilis Legacy SR2 Suite Class di ajang GIIAS 2019 lalu. Kemudian diikuti oleh Adiputro yang memperkenalkan sleeper Dream Coach pada akhir 2020 lalu.

Saat ini beberapa PO (Perusahaan Otobus) di Indonesia sudah punya armada transportasi sleeper bus, baik untuk melayani trayek AKAP (Antar Kota Antar Provinsi) maupun untuk pariwisata.

Berikut daftar Perusahaan Otobus yang memiliki armada sleeper bus:

Sleeper bus Laksana di PO Sinar JayaSleeper bus Laksana di PO Sinar Jaya Foto: Istimewa

1. Sinar Jaya

Sinar Jaya menjadi pionir dalam penggunaan sleeper bus sebagai armada transportasi. PO yang bermarkas di Cibitung, Bekasi ini mengoperasikan Legacy SR2 Suite Class. Sleeper bus PO Sinar Jaya melayani rute Jakarta-Surabaya dengan tarif Rp 480.000. Selain itu, ada juga trayek Jakarta-Yogyakarta yang memiliki tarif Rp 350.000.

Sleeper bus PO New ShantikaSleeper bus PO New Shantika Foto: Instagram @newshantika.official

2. New Shantika

Perusahaan Otobus asal Jepara, Jawa Tengah ini mengoperasikan dua unit Legacy SR2 Suite Class untuk melayani trayek Jepara-Jakarta. Tarif sleeper bus PO New Shantika yakni berkisar Rp 290.000.

Sleeper bus PO Tami JayaSleeper bus PO Tami Jaya Foto: Instagram @tamijaya_transport

3. Tami Jaya

Tami Jaya memiliki armada Legacy SR2 Suite Class yang dikombinasi sasis RN 285 dengan air suspension. Sleeper bus milik PO Tami Jaya mengoperasikan trayek Yogyakarta-Bali dengan tarif Rp 600.000.

Bus social distancing dan suite class PO HandoyoSleeper bus PO Handoyo Foto: Hino

4. Handoyo

PO Handoyo mengoperasikan armada Legacy SR2 Suite Class untuk rute Yogyakarta-Jakarta. Memiliki konfigurasi 21 tempat duduk, harga tiket sleeper bus Handoyo adalah Rp 305.000 (sudah termasuk diskon).

Sleeper bus PO Pandawa 87Sleeper bus PO Pandawa 87 Foto: Dok. Adiputro

5. Pandawa 87

Tak hanya didominasi bus AKAP, sleeper bus juga digunakan oleh armada pariwisata milik PO Pandawa 87. Perusahaan Otobus yang baru berdiri pada 2014 ini bahkan memiliki dua merek sleeper bus, yakni Legacy SR2 Suite Class dan Dream Coach buatan Adiputro.

Bus suites class PO Sahaalah buatan karoseri LaksanaBus suites class PO Sahaalah buatan karoseri Laksana Foto: Dok. Laksana

6. Sahaalah

Perusahaan Otobus asal Jepara ini baru saja merilis sleeper bus Legacy SR2 Suite Class buatan Laksana. Sleeper bus PO Sahaalah hadir dengan desain yang lebih segar karena mengadopsi desain selendang S-Series yang baru. Sleeper bus ini akan melayani rute Antar Kota Antar Provinsi, namun belum diketahui trayek mana yang akan dituju.



Simak Video " Kenalan dengan Bus Double Glass yang Diminati PO- penumpang"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)