Honda Accord dan CR-V Jadul Di-recall karena Airbag

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Minggu, 29 Nov 2020 14:11 WIB
Logo Honda pada pelek mobil
Honda kembali melakukan recall airbag untuk CR-V dan Accord. Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Honda Malaysia mengumumkan recall (kampanye penarikan kembali) terhadap Honda Accord dan Honda CR-V model lawas karena masalah airbag. Mobil yang terkena dampak itu adalah Honda Accord tahun 1999 (generasi keenam) dan Honda CR-V tahun 2000 (generasi pertama).

Adapun masalahnya adalah airbag Takata. Seperti diketahui, airbag Takata yang tertanam pada beberapa mobil di seluruh dunia bermasalah sehingga harus diganti.

Recall ini adalah inisiatif Honda Global untuk mengganti inflator airbag non-azida. Masalah ini berbeda dengan skandal airbag Takata yang sudah berlangsung lama. Recall ini terkait inflator yang diproduksi tanpa segel yang sesuai dan dapat memungkinkan udara dan kelembaban meresap seiring waktu sehingga menyebabkan propelan menurun.

Dengan demikian, airbag dapat bergerak terlalu lambat dalam kecelakaan atau dalam kasus yang jarang terjadi airbag meledak terlalu kuat. Jika airbag meledak terlalu kuat, inflator bisa pecah dan melemparkan pecahan logam ke pengemudi atau penumpang. Dalam kedua kasus tersebut, penghuni mobil bisa terluka parah atau bahkan terbunuh.

Menurut Honda di Amerika awal tahun ini, perusahaan tersebut mengetahui satu kerusakan seperti yang terjadi di Texas pada tahun 2012. Ada juga dua kerusakan di Jepang saat kendaraan sedang dibongkar.

Mereka yang mengetahui adanya kerabat atau teman yang memiliki kedua model ini juga disarankan untuk menghubungi perusahaan untuk melakukan penggantian airbag. Seperti yang selalu terjadi pada penarikan kembali, layanan ini gratis, dengan semua biaya ditanggung oleh Honda.



Simak Video "Keren Banget! Honda CB1000R 2021 Diluncurkan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)