Sabtu, 10 Okt 2020 09:18 WIB

Cara Pasang Kaca Film Anti Peluru pada Mobil Berbeda Lho...

M Luthfi Andika - detikOto
View of a bullet hole on a police car after criminals raided the cargo terminal of the Viracopos International Airport, in Campinas, Sao Paulo state, Brazil, on October 17, 2019. - Heavily armed gunmen raided an airport in Brazil on Thursday, officials said, stealing money from an armored truck before fleeing and taking a mother and baby hostage. (Photo by LEANDRO FERREIRA / AFP) Ilustrasi mobil bolong tertembak Foto: LEANDRO FERREIRA/AFP
Jakarta -

Kaca film anti peluru pada mobil mungkin bukan suatu hal baru bagi sebagian detikers. Tapi bagi yang baru mengetahuinya, ternyata mobil kesayangan detikers juga bisa lho menggunakan kaca film antipeluru.

Memang harga yang ditawarkan relatif lebih mahal jika dibandingkan dengan kaca film pada umumnya. Harga kaca film antipeluru bisa-bisa mencapai Rp 12 juta. Namun bagi detikers yang membutuhkan perlindungan lebih bisa memilih kaca film antipeluru tersebut, karena tidak hanya tahan pada peluru kaca film tersebut juga bakal tahan benturan keras seperti kapak atau benda tajam lainnya.

Meski demikian cara pemasangan kaca film anti peluru yang tepat harus diterapkan. Seperti yang disampaikan Arif dari MKM Window Film kepada detikOto.

Arif mengatakan pemasangan kaca film anti peluru memang tidak jauh berbeda dibandingkan dengan pemasangan kaca film pada umumnya.

"Pemasangan kaca film anti peluru biasa aja memang cuma agak lama saja, kalau seandainya mobil biasa itu 2-3 jam, kalau kaca film anti peluru ini bisa seharian karena untuk pemanasan dari ketebalan kaca film tersebut," terang Arif.

Arif juga mengatakan untuk kaca film anti peluru itu juga disesuaikan dengan kendaraannya. Contoh paling sederhana untuk ukuran kaca Apache 4 Mil sudah anti kampak tapi ini lebih cocok untuk mobil yang berukuran Avanza.

Kaca Anti Peluru produksi TACIlustrasi kaca Anti Peluru Foto: Pool (Instagram/Gigatgeds)

"Untuk yang 4 mil itu sudah anti kampak dan anti UV, sedangkan 10 mil warnanya clear atau bening, tapi ini bisa ditiban dengan kaca film gelap lainnya yang biasa," kata Arif.

"Meski demikian harus dipastikan yang pertama itu harus kaca film yang anti peluru terlebih dahulu baru kaca film yang biasa, karena kalau kaca film yang biasa dulu itu tidak bisa karena pemasangan kaca film anti peluru itu harus lebih panas karena ketebalannya," Arif menambahkan.

Sebagai catatan kaca film anti peluru atau Apache Safety and Security films memiliki 3 tipe pilihan yakni:

- Level SUPER : ketebalan kaca film 18 mil, untuk warna clear 0%
- Level 1 : Ketebalan kaca film 10 mil, untuk warna clear 0%
- Level 2 : ketebalan kaca film 8 mil, untuk warna clear 0%
- Level 3 : Ketebalan kaca film 7mil, untuk warna hitam 40% & 80%



Simak Video "Mode Berkendara yang Bikin VW Tiguan Ungguli SUV Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com