Jumat, 09 Okt 2020 15:48 WIB

Mengenal Teknologi Kaca Film Antipeluru

M Luthfi Andika - detikOto
Penemuan mayat pria luka tembak di dalam mobil hitam bernomor polisi T-1143-AG yang penuh dengan berondongan peluru menghebohkan warga Purwakarta. Ilustrasi kaca mobil ditembus peluru (Dian Firmansyah)
Jakarta -

Bagi orang-orang penting seperti Presiden Republik Indonesia, para Menteri atau para pengusaha sukses pasti tidak asing lagi dengan mobil anti peluru atau kaca anti peluru. Hal itu wajar mengingat keselamatan menjadi faktor utama bagi mereka dalam beraktivitas.

Tapi detikers tahu tidak, ada lho kaca film yang anti peluru? Artinya masyarakat biasa juga bisa merasakan keamanan yang mirip-mirip pejabat negara. Demikian disampaikan Arif dari MKM Window Film kepada detikOto.

"Betul pak ada kaca film yang anti peluru dengan ketebalan berbeda dibandingkan dengan kaca film lainnya, dan sekarang adanya merek Apache," ujar Arif kepada detikOto.com.

Arif menjelaskan untuk ketebalan kaca film anti peluru itu mencapai 10 mil. "Kaca film Apache ini ada beberapa ukuran, yakni 4 mil, 6 mil, 8 mil, dan 10 mil. Untuk yang anti peluru itu bisanya yang memiliki ketebalan 10 mil dan itu juga bisanya untuk laras pendek, airsoft gun, dan anti busi (tidak akan pecah saat ada kejahatan menggunakan busi), dan anti kampak," kata Arif.

Pemasangan Pkaca film ApachePemasangan Pkaca film Apache Foto: dok. Facebook kaca film Apache

Usut punya usut kaca film anti peluru dan kaca anti peluru memiliki perbedaan. Untuk kaca film anti peluru hanya memiliki satu lapis yang bisa menahan peluru dan kaca anti peluru memiliki dua tipe yakni satu arah dan dua arah. Kaca anti peluru satu arah dikatakan bisa menahan serangan peluru dari satu arah saja. Sedangkan untuk kaca anti peluru dua arah, kaca ini dapat menahan serangan dari dua arah sekaligus.

Selanjutnya saat terjadi penembakan kaca anti peluru akan tetap pecah pada lapisan pertamanya saja. Karena Kaca anti peluru memiliki lapisan kaca khusus yang dapat menahan peluru sehingga peluru tidak dapat tembus hingga ke lapisan terakhir.

Lapisan kaca yang dapat menahan peluru disebut lapisan polycarbonate yang terdiri dari material polimer dengan desain yang diciptakan lebih rapat agar bisa menahan peluru.

Lapisan polycarbonate ini dibentuk dalam plastik bening dan lebih tahan panas dibanding dengan jenis plastik yang lainnya, lapisan ini juga memiliki kelentur dengan ketebalan yang berbeda sehingga bisa membuat peluru berhenti.



Simak Video "Mode Berkendara yang Bikin VW Tiguan Ungguli SUV Lain"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com